Jenis tanaman aquascape perlu diketahui bagi yang minat buka bisnisnya

Bagi siapapun yang berniat untuk membuka bisnis aquascape penting mengetahui apa saja jenis tanaman aquascape. Semua itu demi bisa memenuhi keinginan konsumen terhadap suatu pemandangan dalam akuarium. Tanaman aquascape memiliki banyak sekali variasinya dan punya peran penting dalam akuarium. Aquascape akan mendukung keberlangsungan ekosistem yang ada di dalam akuarium. Macam-macam tanaman yang bisa dipakai menghiasi aquascape langsung dapat disimak berikut.

Dwarf baby tears

Tanaman ini memiliki ciri-ciri berupa daun yang kecil dan juga padat. Proses pemeliharaan tanaman ini perlu mendapatkan intensitas cahaya cukup banyak sampai menengah. Selain cahaya tumbuhan tersebut juga memerlukan karbondioksida terlarut ataupun substrat yang yang memiliki kandungan nutrisi demi pertumbuhannya. Asal dari tumbuhan tersebut berasal dari Kuba tapi sekarang sudah tersebar banyak di Indonesia dan sebagian besar penjual aquascape menyediakan tanaman ini untuk konsumen.

Java Moss

Java Moss atau biasa disebut dengan pakis lidah ini merupakan tanaman yang paling banyak digunakan dalam dunia aquascape. Tanaman tersebut memerlukan kisaran suhu antara 21 sampai 24 derajat Celcius. Kebutuhan tanaman ini terhadap cahaya tidak terlalu banyak sehingga cocok untuk konsumen pemula. Cara merawatnya juga tidak serumit Dwarf Baby Tears. Perawatannya tidak memerlukan karbondioksida terlarut walaupun memang tingkat pertumbuhannya cukup lambat.

Java Moss. Foto: Instagram

Marsilea Hirsuta.

Tanaman aquascape ini biasa dipakai untuk membuat karpet dalam akuarium. Tanaman tersebut berasal dari Australia dan memiliki bentuk yang indah. Kemampuannya untuk menyebar mengelilingi akuarium juga cukup tinggi. Tetapi dalam proses perawatannya memerlukan intensitas pencahayaan yang tinggi. Ini cocok untuk ekosistem yang sering memerlukan penyalaan led dalam waktu lama. Untuk hasil terbaik rumput karpet ini bisa hidup di area emersed maupun submersed.

Jenis tanaman aquascape Hidrocotyle Leucocephala

Tanaman aquascape ini pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Habitat ini biasanya hidup di daerah kolam ataupun yang berawa. Bentuk daunnya bulat dan terdapat cekungan-cekungan yang membuatnya semakin indah. Tanaman tersebut cocok dipakai untuk mengisi ruang kosong yang ada di dalam aquascape sehingga nilai estetika bisa bertambah.

Jenis tanaman aquascape Amazon Sword

Seperti namanya, tanaman ini memang memiliki bentuk seperti pedang. Pertumbuhan paling optimal dari Amazon Sword adalah pada kisaran suhu 22 sampai 28 derajat Celcius. Tanaman itu memerlukan pencahayaan mulai dari moderat sampai tinggi untuk bisa memacu pertumbuhannya. Sebagian besar Amazon Sword diletakkan di bagian belakang dari aquascape. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button