Jualan di website atau marketplace, mana yang lebih menguntungkan?

Memilih platform jual beli yang tepat bagi pebisnis online akan sangat mempengaruhi hasil penjualan dan strategi pemasaran. Dari sekian banyak cara jual beli online, dua platform yang cukup diminati adalah berjual beli melalui website dan marketplace. Jualan di website atau marketplace, sebenarnya mana yang lebih menguntungkan?

Jika ditanya mana yang lebih menguntungkan antara jualan di website atau marketplace, nyatanya setiap platform jual beli memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dari kekurangan dan kelebihan ini, sebagai pebisnis kita harus menyesuaikan mana produk yang paling cocok dan sesuai dengan karakter target pasar. Berikut pembahasan selengkapnya mengenai keuntungan dan kelemahan jualan di website atau marketplace.

Suka duka berjualan di website

Jualan di website. Foto: Pinterest

Saat memutuskan untuk membuka website toko online, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan yang tidak bisa kamu raih dari berjualan di marketplace. Melalui website yang kamu kelola secara pribadi, kamu memiliki kontrol penuh terhadap platform tersebut.

Kamu bisa bebas menentukan desain toko dan website, tampilan katalog, hingga menampilkan beragam pengalaman berbelanja konsumen untuk menarik perhatian pembeli. Selain itu, kamu juga bisa lebih bebas melakukan branding sesuai kategori bisnis dan citra yang ingin kamu bangun di masyarakat.

Mengelola bisnis melalui website membuat pelaku usaha secara pribadi dapat melakukan apapun yang mereka butuhkan, tanpa bergantung pada platform lain. Otorisasi penuh berada di tanganmu baik bidang penjualan hingga seluruh strategi bisnis tanpa adanya pembatasan.

Lebih lanjut, kamu juga bisa menganalisis tentang perilaku dan kebiasaan berbelanja konsumen jika berbisnis melalui website. Data yang kamu dapatkan dari platform ini cenderung lebih valid sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui strategi mana yang berhasil dan kurang berhasil.

Sayangnya, modal yang kamu butuhkan untuk bisa memiliki website toko online beserta biaya maitenance nya tidaklah murah. Kamu butuh membeli nama domain sekaligus mencari pengelola dan membayar biaya desain.

Pengelolaan bisnis melaului website juga cenderung lebih sulit. Kamu membutuhkan seseorang yang lebih ahli dibidangnya untuk mengelola server, sistem pembayaran, dan hal-hal teknis lainnya yang kamu butuhkan untuk memastikan kinerja website berjalan dengan lancar.

Dari segi strateginya, berjualan melalui website perlu membutuhkan strategi khusus untuk menjangkau konsumen. Ya, setelah melakukan segala maintenance kamu tentu tidak bisa mendiamkan websitemu kan?

Lalu apakah marketplace lebih baik?

Jualan di marketplace. Foto: Pinterest

Bagi small bussiness pemula, marketplace bisa dikatakan lebih baik. Selain tidak membutuhkan banyak modal, pengelolaannya juga lebih mudah sehingga bisa kamu lakukan secara pribadi. Namun, jika kamu ingin membangun bisnis yang lebih besar dan strategis, tentu saja memiliki website juga sangat dianjurkan.

Marketplace sudah memiliki pasar dengan attetion yang tinggi dari pada customer-nya. Kamu hanya perlu meningkatkan awareness dari konsumen untuk mengunjungi toko dan melakukan transaksinya di tokomu.

Sayangnya, kamu juga harus menerima bahwa tantangan kompetisi jualan yang tinggi sehingga untuk membuat produkmu menonjol cukup sulit. Untuk menonjolkan brand dan membangun awareness pun tidak mudah karena terlalu banyak saingan.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button