Kamu harus waspada terhadap pertanyaan-pertanyaan HRD saat interview kerja!

Bagi kalian yang sudah pernah melamar pekerjaan dan sudah masuk dalam tahap interview, pastilah tidak kaget lagi dengan berbagai pertanyaan yang yang sering dilontarkan HRD saat wawancara kerja Tetapi, bagi kalian yang fresh graduate, kamu harus berhati-hati dengan pertanyaan-pertanyaan HRD yang simpel tapi sifatnya menjebak. Lalu, apa saja pertanyaan HRD saat interview kerja yang sulit dan perlu diwaspadai itu?

Apakah kamu siap untuk bekerja lembur?

Saat kamu di tanyai HRD tentang pekerjaan lembur, kamu harus menjawab dengan sejujurnya. Jika kamu mampu, maka iyakan, jika kamu tidak mampu ya kamu harus jawab bahwa kamu tidak mampu untuk bekerja lembur. Apabila kamu keberatan untuk bekerja lembur, tetapi kamu menyanggupinya untuk bekerja lembur, maka nanti akan membuat kecewa pihak perusahaan.

Apa rencanamu 5 tahun kedepan?

Untuk pertanyaan ini, kamu juga harus menjawabnya dengan jujur, misalnya kamu mempunyai rencana untuk mau lanjut S2, membuka bisnis sendiri, menikah ataupun ingin mencari pengalaman kerja lagi. Jadi, jika kamu punya rencana, kamu wajib memberitahu ke HRD ya gaes, dengan itu HRD akan mempertimbangkan jawabanmu itu.

Jika kamu ditugaskan ke luar kota, apakah kamu siap?

Jawaban dari pertanyaan ini harus benar-benar kamu pikirkan dengan baik. Jika kamu menjawab iya dan mampu, kamu harus bersiap-siap bahwa kamu bisa ditugaskan diluar kota kapanpun, entah seminggu, dua minggu, satu bulan bahkan setahun. Kalau kamu bertugas ke luar kota, kamu perlu pikirkan waktu bersama keluargamu dan jangan buru-buru untuk menjawab. Ingat, kamu harus pertimbangkan itu semua. Untuk itu, jawablah dengan penuh keyakinan, jangan asal setuju-setuju saja ya gaes.

Berapa gaji yang kamu inginkan?

Bukan berarti kamu fresh graduate tidak berhak untuk mendapatkan gaji besar. Jika kamu ditanyai seputar permintaan gaji, maka kamu harus menjawabnya sesuai dengan kontribusi yang nantinya bisa kamu berikan untuk perusahaan. Janganlah kamu menetapkan gaji yang terlalu tinggi ataupun rendah. Jika ditanyai hal ini, kamu bisa menjawab dengan angka yang pasti atau range gaji, seperti 5-6 juta per bulan.

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow  Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button