Kecanduan belanja online? Terapkan 4 cara untuk menghentikan kecanduan belanja berikut!

Teknologi memang selalu menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi sangat membantu, dan disisi lain sangat berbahaya. Sama hal nya dengan perkembangan platform belanja online yang semakin hari kian ramai dan kian digemari masyarakat. Ditambah lagi dengan pemberlakuan pembatasan sosial atau PPKM yang membuat penggunaan platform belanja online semakin meningkat. Bukan hanya sekedar meningkat, banyak orang diluar sana yang justru menjadi kecanduan belanja online. Faktor kemudahan, faktor promo dan diskon, hingga faktor-faktor lain yang lebih menguntungkan membuat belanja online sangat sulit untuk ditolak dan dihindari.

Atau, jangan-jangan kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang ternyata juga mengalami masalah kecanduan belanja online? Mungkin 4 cara berikut yang bisa menghentikan kecanduan belanja online ini bisa membantumu. Selamat mencoba!

Berhenti berlangganan email newsletter

Email newsletter. Foto; Pinterest

Email promosi menjadi salah satu penyebab mengapa kamu hingga saat ini sangat sulit berhenti dari masalah kecanduan belanja. Hem, siapa memang yang bisa menolak promo?

Cara agar bisa lepas dari email promosi yang dikirimkan pihak e-commerce adalah dengan menghentikan berlangganan dari setiap email promosi. Kalau kamu berfikir menandai email tersebut sebagai spam saja cukup, kamu salah besar! Berhenti berlangganan sekarang juga atau kecanduan belanjamu akan semakin parah.

Blokir akses ke situs belanja online

Cara ini cukup efektif untuk membuatmu berhenti belanja online secara impulsif. Apapun situs belanja online yang sering kamu gunakan, blokir aksesnya sekarang juga. Baik itu adalah belanja online dari website, ig, medsos lain.

Pastikan kamu secara rutin melakukan pembersihan cookie dan cache pada browser sehingga mencegah pengiriman iklan dari situs belanja online untuk membuatmu tertarik kembali berbelanja.

Hapus aplikasi belanja online

Cara lain yang tidak kalah ampuh adalah dengan menghapus aplikasi belanja online dari smartphone. Duet marketplace dengan m-banking biasanya akan semakin memperparah kecanduan belanjamu. Mudah bukan?

Cari alternatif hiburan yang tidak menguras kantong

Beberapa orang berbelanja secara impulsif ternyata untuk mengatasi rasa stres atau perasaan sedih yang dideritanya. Mungkin karena mereka adalah soosk yang introvert, tidak senang bercerita, atau kurang bisa memilih hiburan melalui aktivitas yang disenanginya.

Jika kamu adalah contoh orang yang orang berbelanja untuk mengatasi stres, hentikan sekarang juga. Menghibur diri dengan berbelanja hanya akan membuatmu bahagia sesaat, dan menyesal kemudian. Coba lah memperbaiki suasana hati dengan berbagai alternatif hiburan yang berkualitas dan terjangkau.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button