Kemapanan sebuah bisnis, kapan bisnis bisa disebut mapan dan sukses?

Bisnis melalui serangkaian siklus yang harus dilaluinya. Bisnis bisa dikatakan mapan apabila berhasil melalui proses pertumbuhan dan ekspansi bisnis yang membutuhkan waktu cukup panjang. Kemapanan sebuah bisnis sangat ditentukan oleh pengelolaan sekaligus kesabaran team. Tidak mudah untuk mencapai titik ini.

Kemapanan sebuah bisnis bukan berarti membuat pelaku bisnis berhenti berjuang. Jika ingin bisnis tetap berkembang dan lebih baik, strategi harus tetap berjalan agar bisa bertahan di pasar. Jika tidak, masa berlaku bisnis bisa habis dan bisnis yang dibangun bisa ambruk.

Kapan bisnis dikatakan mapan?

Berdasarkan ungkapkan Richard ST. John dalam buku yang dirilisnya dengan judul “8 To Be Great”, disampaikan bahwa untuk mencapai kesuksesan butuh 10 tahun. Pernyataan ini disampaikannya berdasarkan riset terhadap kebanyakan pebisnis yang saat ini sudah sukses di bidangnya masing-masing.

Sebagai contoh adalah Squarespace.com yang berhasil membangun sebuah platform web yang cukup terkenal dan digunakan banyak pebisnis maupun blogger di seluruh dunia. Untuk mencapai tahap kemapanan Squarespace.com membutuhkan waktu sekitar 10 tahunan.

Twitter yang kini menjadi salah satu plaftorm sosial media terkenal di sosial mediapun membutuhkan kurang lebih 10 tahun dalam kemapanan bisnis yang dijalankannya saat ini. Dan kini, Jack Dorsey  sebagai founder twitter telah memutuskan pengelolaan platform cetusannya kepada CEO baru yang jauh lebih berbakat.

Bagaimana agar bisa berada di tahap kemapanan bisnis?

Cara mencapai kemapanan bisnis. Foto: Pinterest

Tidak banyak bisnis yang bisa bertahan bahkan di 5 tahun pengembangannya. Di masa pertumbuhan akan ada banyak halangan dan tumbuhnya pesaing baru di sekitar, yang menguji kekuatan bisnis yang sedang dijalankan.

Buktinya, Microsoft sebagai salah satu perusahaan besar pun mengalami beberapakali masa pergantian CEO yang lebih berpengalaman untuk menghadapi masalah dan persaingan yang tidak ada habisnya.

Lalu, bagaimana sebagai perusahaan kecil bisa sampai di tahap kemapanan bisnis? Kita cukup berkaca dari quote Steve Jobs yakni “stay hungry, stay foolish”. Ya, sebagai seorang pebisnis kita dituntut untuk selalu ingin belajar dan jangan puas untuk mengejar sesuatu.

Tidak puas mengejar sesuatu bukan berarti tidak mencerminkan rasa syukur. Dengan ketidakpuasan ini, kita dimaksudkan dapat mencapai target selanjutnya yang lebih besar. Untuk mencapai goal baru dan memperbesar bisnis menuju tahap yang lebih mapan.

Salah satu tahap menuju kemapanan bisnis yang cukup beresiko adalah tahap ekspansi. Jika berhasil, tahap ini akan membuat perusahaan menjadi lebih besar dan membantu bisnis meraup pangsa pasar yang lauh lebih besar.

Ekspansi bisnis yang bisa menjadi pilihan adalah mengembangkan kemampuan atau memulai sesuatu yang baru. Masing-masing dari ini memiliki keuntungan dan resiko. Karenanya penting bagi pelaku usaha untuk mempertimbangkannya sesuai dengan kemampuan.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button