Kesalahan yang selalu dilakukan fresh graduate saat apply kerja

Setelah pengumuman kelulusan, para mahasiswa fresh graduate mereka masih bingung untuk meng apply kerja di mana. Mereka masih memikirkan terkait dengan pekerjaan apa yang sekiranya cocok dan sesuai dengan skill yang mereka punya.

Karena masih minim pengalaman, para fresh graduate ini tak hanya bingung dengan masalah tersebut, mereka juga masih bingung terkait dengan cara apply kerja yang baik dan sekiranya positif bisa di panggil untuk interview. Mereka terkadang masih salah dalam meng-apply surat lamaran pekerjaan. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan fresh graduate saat melamar kerja.

Fresh graduate hanya apply ke satu loker saja

Kesalahan fatal yang dilakukan oleh para fresh graduate ini yaitu mereka hanya apply ke satu lowongan pekerjaan saja dan menunggu sampai ada kabar dari perusahaan.

Lebih baiknya kamu jangan hanya menggantungkan satu lowongan pekerjaan, tetapi kamu juga harus berusaha untuk meng-apply ke beberapa lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skill mu, sambil menunggu kabar berikutnya.

Apbila kamu hanya menunggu kabar interview dari satu lowongan pekerjaan itu, maka sama saja kamu hanya membuang-buang waktu saja dan menunggu sesuatu yang tidak pasti.

Satu CV untuk semua posisi

Salah satu kesalahan para fresh graduate dalam meng-apply kerja adalah mereka hanya menggunakan satu CV untuk semua posisi pekerjaan. Setiap posisi pekerjaan, pasti memiliki persyaratan kerja yang berbeda. Oleh karena itu, kamu juga harus membuat CV yang berbeda juga. Jadi, intinya kamu harus membuat CV yang berbeda untuk posisi yang berbeda pula.

Apply kerja di email tidak sopan

Saat kamu melakukan apply kerja, kamu juga harus memperhatikan etikamu walaupun kamu meng-apply lewat email. Hal ini dikarenakan bahwa etika kerja sudah bisa dinilai sejak kamu mengirimkan email lamaran kerja. Sekalinya bahasa kamu tidak sopan, maka lamaran kerjamu tidak akan dibaca oleh HRD.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button