Kisah Suleyman Kerimov, miliuner muslim yang aktif dalam kegiatan sosial

Seorang pengusaha yang menjadi miliuner berkat kerja keras dan keuntungan bisnis adalah kisah yang biasa. Tapi, bagaimana dengan seorang pengusaha yang mengamalkan seluruh keuntungan bisnisnya? Ya, itulah yang dilakukan oleh salah satu miliuner muslim asal Rusia, Suleyman Kerimov. Penasaran tentang kisah Suleyman Kerimov? Baca sampai akhir!

Kisah kesuksesan Suleyman Kerimov

Saat ini Suleyman Kerimov menjadi salah satu pengusaha terkaya di Rusia dengan total kekayaan yang diperkirakan oleh Forbes sebanyak Rp 300,15 triliun per Desember 2020 lalu.

Saat ini dia aktif membangun beragam portofolio kepemilikan serta investasi international yang memberikan banyak pundi-pundi keuntungan yang luar biasa.Sebagai seorang miliuner kelas dunia, justru kehidupannya cukup sederhana.

Pria kelahiran Dagestan, Kaukasus Utara pada 1966 yang bergelar BA di bidang Keuangan dan Ekonomi ini mengawali karirnya sebagai seorang asisten direktur jenderal dan ekonom di sebuah pabrik peralatan listrik Eltav di Rusia. Berkat kerja keras dan kecakapannya, karirnya terus melesat dan berada di puncaknya pada tahun 1999.

Kisah sukses bermulai saat Kerimov membeli perusahaan minyak

Sebuah langkah yang cukup riskan, di tahun 1999 Kerimov memutuskan untuk membeli perusahaan minyak Nafta Moskva yang hampir saja berada di ambang kebangkrutan. Dana untuk membeli perusahaan ini didapatkannya dari berbagai macam pinjaman yang dikumpulkannya.

Tidak berhenti di sana, Kerimov kembali membeli saham di salah satu perusahaan minyak dan gas Gazprom dan Sberbank.

Di tahun 2008, Kerimov kemudian memutuskan untuk menjual hampir semua aset yang dimilikinya di Rusia. Selanjutnya secara bertahap Kerimov membangun saham dan sistem keuangan di AS sebagai karirnya.

Di Rusia, Kerimov berfokus untuk mengembangkan proyek domestik dengan tujuan untuk memperkuat ekonomi Rusia. Dengan melakukan investasi modal dari pinjaman dan individu.

Hingga pada tahun 2009, Kerimov membeli hampir 40% perusahaan Polyus yang saat itu menyandang predikat sebagai perusahaan tambang emas terbesar Rusia. Berkat langkah itu, kini keluarga Kerimov menguasai 77% perusahaan Polyus yang bergelar sebagai 10 perusahaan tambang emas tersukses di dunia.

Kegiatan sosial Suleyman Kerimov

Kegiatan sosial The Suleyman Kerimov Foundation. Foto: Pinterest

Berkat pendirian The Suleyman Kerimov Foundation, Kerimov terkenal sebagai salah satu pengusaha terdemawan di Rusia. Yayasan ini bergerak dalam bidang sosial dengan memberikan perawatan kesehatan, pembangunan fasilitas pendidikan, keagamaan, serta proyek-proyek sosial yang sangat dibutuhkan..

Tidak hanya itu, bakti Kerimov kepada sesama ditunjukkan lebih di masa pandemi saat ini. Lebih dari setengah bantuan yang diberikan ke daerah asalnya merupakan donasi darinya. Termasuk bantuan keuangan, obat, dan bantuan paket makanan.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button