Kunci kesuksesan bisnis aksesoris dan seni. Wajib simak agar tahu rahasianya

Masih ingat eks karyawan BUMN Linda Yuli Yani yang mampu meraih omset ratusan juta berkat usahanya membuka kerajinan tangan aksesoris? Bagaimana kunci kesuksesan bisnis aksesoris?

Ya, kamu mungkin tidak akan menyangka bahwa hanya dengan menjual aksesoris sederhana seperti kalung dan strap mask bisa menghasilkan omset sebanyak itu. Tapi itu lah faktanya.

Bisnis yang sering diremehkan ini nyatanya semakin berkembang dan menghasilkan hingga membuat Linda mampu mengembangkan cabang kerajinan bisnisnya. Yakni bisnis yang menjual bahan mentah aksesoris, bisnis menjual hasil aksesoris, dan hasil karya yang berupa tas macrame atau tali temali.

Melalui pengalaman Linda merintis usaha aksesoris dari nol mulai tahun 2015. Berikut adalah kunci kesuksesan bisnis aksesoris dan seni yang kami rangkum untukmu!

Kreasikan sesuai trend

Produk strap mask sebagai bentuk inovasi bisnis aksesoris. Foto: Pinterest

Sebenarnya bisnis aksesoris sangat bergantung pada selera masing-masing. Namun sebagai pembeli aksesoris, mereka selalu berusaha mendapatkan aksesoris yang paling sesuai dengan trend yang berkembang saat ini.

Sebagai pelaku bisnis aksesoris dan seni lainnya tentu saja baik pengrajin maupun penyalur harus mengerti trend apa yang saat ini berkembang. Model seperti apa, yang bagaimana, serta bagaimana untuk bisa tetap update sesuai perkembangan zaman.

Inovatif sesuai peluang

Sebagai pelaku bisnis aksesoris, mungkin Linda tidak menyangka bahwa pandemi yang awalnya selalu ia eluh-eluhkan membawa berkah perkembangan bisnis yang luar biasa. Sebagai pembuat strap mask utamanya yang berbahan dasar pernak pernik dan aksesoris lucu, ia sangat diuntungkan karena produk strap masker dan connector saat ini begitu meledak dan dibutuhkan oleh banyak pihak.

Hal ini membuktikan bahwa sebagai seorang pelaku usaha kita harus menanggapi sesuatu dengan positif. Mengubah musibah menjadi peluang, sebagaimana yang dilakukan oleh Linda dalam menghadapi pandemi covid-19 saat ini.

Memberikan produk unik dan menarik

Produk handmade setiap produsen tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Masing-masing produsen dan kompetitor selalu berusaha membuat karya menarik dan cantik sebagaimana selera customer saat ini.

Karena itu bersaing hanya dengan modal kecantikan karya saja tidak cukup. Sebagai pelaku bisnis seni dan aksesoris, kamu butuh identitas atau keunikan tersendiri sebagai bentuk ciri khas yang akan membuat customer mengingat produkmu.

Bagaimana menurutmu artikel tentang kunci kesuksesan bisnis aksesoris dan seni diatas? Apakah membantu dan mengatasi rasa keingin tahuanmu?

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button