Lakukan riset produk dan promosi untuk menaikkan profit penjualanmu!

Untuk cari uang tidak hanya dari online shop saja, kamu bisa memaksimalkan dengan menjual jasa, menjadi influencer hingga menjadi affiliate marketer. Tetapi ketika kamu memutuskan untuk menjual sebuah produk dan ingin menaikkan profit penjualanmu kamu bisa melakukan riset produk dan meningkatkan promosimu. Untuk penjelasan lengkapnya simak penjelasan berikut.

Riset produk kebutuhan pasar

Kamu dapat memulai melakukan riset produk dengan menggunakan keyworad yang tepat, melalui Google Trend atau melalui sosial media. Setelah kamu menemukan produknya maka langkah selanjutnya temukan supplier tangan pertama agar kamu mendapatkan harga yang lebih murah.  Kemudian kamu dapat menjualnya dengan harga dua kali lipat sehingga keuntungan itu dapat kamu alokasikan untuk budget iklan juga.

Pentingnya iklan untuk produkmu

Sebelum membahas lebih jauh tentang iklan, kita belajar dulu dari seorang tukang bakso. Tukang bakso identik dengan kentongan sebagai caranya promosi. Walaupun bunyinya kamu dengar setiap hari, tetapi tidak selalu kamu ingin membeli kan? Tetapi ini bisa menjadi kebiasaan dan alarm untuk dirimu bahwa ketika kamu lapar pasti akan kamu berhentikan. Kentongan ini sebagai media promosi tukang bakso dan memberitahukan kepada customer bahwa bakso itu “ada” meskipun kamu hanya akan melakukan pembelian ketika kamu merasa butuh saja. Sama halnya dengan iklan. Meskipun kamu gencar melakukan promosi pembeli tetap akan melakukan pembelian saat membutuhkan produkmu.

Beberapa hal yang dapat kamu perhatikan dalam mengiklankan produkmu yaitu fokus pada penyesuaian dan jangan mengejar kesempurnaan. Pada fase awal khususnya pada masa percobaan jangan langsung allout tetapi keluarkan secara bertahap sesuai dengan budget tokomu dan kenaikan profit usahamu.

Selanjutnya, reminder untukmu tentang iklan adalah semua budget iklan yang kamu keluarkan diibaratkan seperti uang hilang. Apa yang kamu keluarkan tidak selalu sama dengan hasil yang akan kamu dapatkan. Jadi jika kamu tidak rela uangmu hilang, maka tidak usah ngiklan.

Selama kamu melakukan proses ngiklan, berikan waktu satu minggu untuk iklan bekerja. Sama halnya dengan sebuah aplikasi, iklan juga butuh waktu untuk menyesuaikan alur kerjanya. Setelah satu minggu baru kamu bisa putuskan untuk melanjutkan melakukan iklan atau tidak.

Mulai iklan pertamamu dengan budget seminimal mungkin sembari mencari cara alternatif untuk meningkatkan penjualan dengan memaksimalkan iklan tersebut hingga ada transaksi pembelian, baru kemudian scale up untuk melakukan strategi yang tepat.

Maka riset produk dan promosi adalah dua hal yang penting untuk menaikkan profit bisnismu. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button