Langkah pemasaran silang anti gagal yang harus kamu penuhi

Pemasaran silang menjadi salah satu langkah pemasaran paling efektif dan bisa dicoba oleh setiap pelaku bisnis. Sayangnya banyak pelaku bisnis masih bingung bagaimana harus melakukannya. Berikut adalah beberapa langkah pemasaran silang anti gagal yang harus kamu penuhi.

Lakukan investigasi

Research. Foto: Pinterest

Jika ingin melakukan promosi silang dan berkolaborasi dengan perusahaan lain, pertama-tama kamu wajib untuk melakukan investigasi tentang mana perusahaan atau brand yang paling cocok dan berpeluang sukses untuk diajak melakukan strategi marketing ini.

Pada awalnya memang sulit jika kamu bukan pebisnis yang biasanya berhubungan dengan bisnis lain. Kabar baiknya, kamu bisa lebih mudah menemukan brand yang bisa diajak kerjasama dengan memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Nah pada tahap selanjutnya kamu akan memerlukan bantuan dalam penelitian. Gunakannya platform atau alat untuk meneliti kolaborator. Salah satunya yang bisa kamu coba adalah SEO PowerSuite yang membantumu mengetahui apakah rekan kerjasamamu merupakan rekan yang pas untuk diajak membangun koneksi bisnis.

Bangun hubungan dengan merek lain

Selanjutnya mulailah untuk membuat koneksi itu. Yang perlu kamu perhatian adalah, jangan terlalu jauh menjelajah dengan brand yang jauh dari merek kamu.  Pastikan rekan kerjasama adalah perusahaan yang berbagi pelanggan yang serupa dengan bisnismu,

Selanjutnya, pastikan kamu mengetahui citra mereknya. Apakah mereka dihargai dan berpengaruh? Apakah citra baik dimata masyarakat?  Jika sudah tepat, pastikan kamu mebangun rencana tentang upaya promosi silang ini. Tentang seberapa lama kampanye promosi silang ini akan berlangsung, bagaimana cara kerjanya, dan produk apa yang akan dipasarkan.

Mengembangkan promosi silang yang bermakna

Setelah membangun hubungan, sekarang saatnya untuk bekerja. Kamu tidak hanya butuh disebutkan namanya oleh brand atau bisnis lain. Lebih dari itu, rekan kerjasama harus tahu bahwa kolaborasi yang kalian jalin lebih dari sekadar peluang pemasaran. Yakni untuk menciptakan sesuatu yang lebih besar dan lebih baik.

Misalnya, bekerjasama untuk mengatur webinar atau serangkaian podcast. Membuat ebook bersama, atau dengan membuat nawala promosi bersama.

Penawaran diskon mitra

Setelah dieksekusi, kamu butuh sesuatu untuk mendorong penjualan. Contoh sederhananya adalah dengan menggunakan diskon untuk mempromosikan mitramu, dan sebaliknya. Mitra atau rekan kerjasama juga memiliki kesempatan untuk mempromosikan bisnis yang kamu bangun.

Jangan lupa untuk membuat kampanye generasi memimpin yang mengiklankan diskon dan penawaran antara kamu dan rekan kerjasama. Dengan begini produk setiap orang bisa dipromosikan dengan baik.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button