Level brand awareness bagi konsumen, pebisnis wajib baca!

Kesadaran konsumen akan sebuah brand menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam kelangsungan bisnis. Karena itu banyak perusahaan bahkan pebisnis kecil yang mencoba membangun brand awareness. Tapi apa saja sih level brand awareness itu? Yuk simak artikelnya.

Apa pentingnya brand awareness bagi pelaku usaha?

Brand awareness atau kesadaran konsumen terhadap suatu merek memiliki pengaruh yang besar bagi pelaku bisnis. Ketika konsumen menyadari keberadaan suatu brand, bahkan menyukainya, maka mereka akan menganggap brand ini penting dan meninggalkan kesan.

Semakin tinggi tingkat brand awareness produk, maka semakin tinggi pula tingkat kepercayaan masyarakat. Sehingga kemungkinan besar produk itulah yang paling laris di pasaran.

Contohnya saja, setiap air minum kemasan yang dianggap “aqua”. Setiap produk pasta gigi dianggap “pepsodent”. Setiap produk kosmetik halal dianggap “wardah”.

Level Brand Awareness

Unaware of Brand

Level paling rendah dari suatu produk adalah unaware of brand (konsumen tidak menyadari merek). Biasanya produk ini tidak dikenali sehingga konsumen kurang memperhatikan produk. Akibatnya, penjualan pun akan rendah.

Biasanya hal ini disebabkan karena kurangnya promosi. Atau sudah dilakukan promosi namun dengan strategi yang kurang tepat.

Brand Recognition

Level kedua dari brand awareness adalah brand recognition. Dimana konsumen mulai mengenali produk, namun belum bisa mengingat namanya. Misalnya untuk produk wafer A, konsumen bisa mengenalinya lewat slogan, visual, ataupun logonya.

Artinya, konsumen mulai mengenal produk namun belum terlalu memperhatikan. Jika kamu berusaha dengan lebih giat maka level brand mu bisa meningkat.

Brand Recall

Brand recall merupakan level dari brand awareness dimana konsumen mulai mengenal brand sehingga mulai bisa mengingat nama, logo, produk, hingga slogan produk.

Jika ini terjadi kepada produkmu, artinya konsumen mulai  mengenal brand kamu.

Tapi apakah nantinya mereka akan membeli produkmu? Jawabannya belum tentu. Mengenal belum berarti menyukai bukan? Pasalnya konsumen cenderung membeli barang yang familiar atau sudah sering digunakan.

Namun berada dalam level brand awareness pun membuat produkmu sudah cukup baik. Nantinya kamu bisa membuat konsumen berkesan dengan produk dengan memberikan ciri khas yang membekas.

Top-of-Mind Awareness

Level brand awareness.
Level brand awareness. Foto: Pinterest

Tidak banyak produk yang berhasil masuk dalam top of mind awareness. Top of mind awareness mengacu pada kekuatan brand untuk terus diingat di dalam benak konsumen dalam kategori tertentu.

Hal ini bisa kamu lihat dari brand pertama yang konsumen sebutkan berdasarkan kategori produk. Biasanya produk ini adalah produk yanng paling terkenal atau produk yang paling disukai oleh konsumen.

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button