Mahasiswa kerja freelance, begini enaknya

Freelance menjadi istilah yang populer saat ini, apalagi bagi para mahasiswa dan fresh graduate. Freelancer menggambarkan seseorang yang bekerja secara mandiri sehingga tidak terikat dengan kontrak suatu perusahaan atau lembaga dalam waktu tertentu.

Pekerjaan yang biasa dikerjakan para freelancer adalah yang berhubungan dengan teknologi, website, desain logo pamflet dan sebagainya, menulis artikel atau suatu konten, editing video, dan copy writing.

Kalau begitu, apa sajakah kelebihan menjadi freelancer yang membuat enak dan bisa menikmatinya ?

Kelebihan menjadi seorang freelance bagi mahasiswa

Bebas mengatur waktu bekerja

Freelancer bisa dengan bebas mengatur waktu untuk beberapa aktivitas kesehariannya termasuk mengerjakan pekerjaan freelance-nya. Mereka bisa membuat time management sendiri. Saat waktu kosong kuliah, selain mengerjakan tugas kuliah mereka juga bisa mengerjakan pekerjaan freelance-nya.

Bisa menetapkan bayaran sendiri

Ketika mengerjakan sesuatu hal sesuai kompetensi kamu, maka kamu bisa menetapkan harga sendiri untuk hasil yang kamu kerjakan. Dalam hal ini kamu juga harus memiliki skill negosiasi yang baik.

Namun jika kamu menjadi freelancer dengan ikut seseorang atau organisasi atau komunitas tertentu, maka gajimu sudah ditentukan dari sana. Namun biasanya kamu juga diberikan kebebasan untuk menambah gajimu sendiri dengan mengerjakan pekerjaan tersebut melebihi standar dari mereka. Misalnya dalam sehari kamu harus menulis opini tiga topik, maka jika kamu mau, kamu bisa membuatnya melebihi ketentuan tersebut. Hal itupun akan lebih baik bagi lembaga atau komunitas  itu sendiri.

Bisa dipromosikan oleh klien sendiri

Jika pekerjaanmu sangat memuaskan klien, mereka bisa mempromosikan dirimu saat teman-teman atau keluarganya memiliki masalah yang sama dan membutuhkan skill mu.

Tidak membutuhkan modal besar untuk mendapatkan penghasilan

Menjadi freelancer cukup membutuhkan modal keahlian dan beberapa alat untuk menunjang keahlian tersebut, misalnya laptop, software, kamera, internet, dan sebagainya.

Banyak relasi dan pengalaman

Dengan banyak melayani para klien, kamu bisa memperoleh relasi dari hal tersebut. Apalagi jika kebetulan klienmu orang besar dalam sebuah perindustrian. Kamu bisa saja direkomendasikan menjadi bagian langsung dan yang terpenting dari perusahaan tersebut.

Bisa dikerjakan dimana saja kapan saja

Biasanya suatu pekerjaan dari freelancer sudah ditentukan batas waktunya. Kamu bisa dengan bebas melakukan pekerjaan itu di mana saja dan kapan saja. Di bus atau kereta api saat sedang perjalanan, saat sedang bertamasya, dan sebagainya bisa saja sambil mengerjakan pekerjaan tersebut. Dengan demikian kamu menjadi lebih fleksibel.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button