Makna dan karakteristik dari blockchain

Istilah blockchain ini memanglah  nampak asing bagi masyarakat awam. Nah, bagi para trader crypto pasti kalian paham akan makna blockchain ini. Bagi yang belum paham mengenai karakteristik dari blockchain ini, kamu bisa menyimak artikel berikut yaa!

Apa sih blockchain itu?

Blockchain adalah suatu teknologi/sistem/database terdesentralisasi yang dibagikan di seluruh jaringan. Konsep dari blockchain ini sama halnya seperti google docs, dimana satu dokumen bisa dibagikan dan diakses oleh banyak orang.

Perbedaan antara blokcchain ini dengan google docs hanya terletak pada pengeditan data. Kalau di google docs, semua orang bisa melakukan edit data, beda halnya dengan blockchain yang tidak bisa mengedit transaksi setelah transaksi dilakukan. Sehingga dalam hal ini setiap orang tidak bisa melakukan pembatalan/manipulasi data ataupun transaksi. Setiap blok informasi dalam blockchain akan terikat satu sama lain dengan rantai kriptografi. Lalu, apa saja sih karakteristik dari blockchain itu?

Karakteristik blockchain

Agar kamu lebih paham memaknai blockchain ini, kamu harus mengetahui beberapa karakteristik dari blockchain. Lalu, apa sajakah itu?

  1. Blockchain bersifat transparan. Jadi, semua blockchain ini dapat menyimpan history dengan aman dan apabila kamu melakukan transaksi menggunakan blockchain ini, semua orang bisa melihatnya tanpa harus memiliki akses log in. Walaupun begitu, keamanan dari blockchain ini tetap terjaga dan tidak perlu diragukan lagi.
  2. Sistem blockchain ini juga tidak mempunyai entitas tungggal yang mengendalikannya.
  3. Dengan adanya sistem blockchain ini, tidak memungkinkan adanya kegagalan. Misalnya, jika terdapat satu server di jaringan mati, maka hal ini tidak akan menyebabkan informasi turun.
  4. Dengan adanya teknologi blockchain ini, kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk calo/midddleman seperti halnya saham. Jadi, dengan teknologi blockchain ini semua kebutuhan pencatatan transaksi sampai dengan proses verifikasi akan diarahkan ke database yang bersifat simpel dan gratis.
  5. Data di blockchain bersifat abadi.

Demikianlah karakteristik dari blokchain, Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button