Manfaat memiliki LinkedIn, sangat membantu mendapatkan pekerjaan lho

Salah satu media sosial yang sangat membantumu adalah media sosial LinkedIn. Dengan memanfaatkan platform ini kita bisa bertemu dengan banyak relasi dan teman baru dari kalangan profesional dengan beragam latar belakang. Apa saja manfaat memiliki LinkedIn?

LinkedIn sebenarnya hampir sama dengan konsep media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Hanya saja banyak yang mengakui bahwa LinkedIn ini lebih membantu dalam hal menemukan relasi dan profesional lainnya.

Sederhananya, dapat dikatakan bahwa LinkedIn adalah media sosial sekaligus platform yang sangat membantumu untuk memasarkan diri kepada perusahaan. LinkedIn sebelumnya didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002. Dengan berkembangnya aplikasi dan ketenarannya, kini LinkedIn sudah memiliki 161 juta anggota yang terdiri dari hampir 200 negara di dunia.

Membuat profil profesional

Berbeda dengan platform media sosial lainnya LinkedIn dilengkapi dengan fasilitas untuk membuat profil profesional. Mulai dari data diri, foto, CV, dan resume pribadimu dapat kamu tampilkan di aplikasi. Tujuannya adalah agar data diri ini bisa memberikan kesan baik bagi pengguna lainnya.

Bukan hanya untuk kesan pertama, data diri ini sangat membantu antar pengguna untuk menemukan relasi yang cocok. Dan dapat membantu profesional untuk menemukan pegawai baru yang sesuai dengan kriterianya.

Memperluas jaringan

Bukan media sosial jika tidak bisa membantu kita menemukan lebih banyak relasi. Tapi berbeda dengan Facebook yang mayoritas penggunanya adalah kaum paruh baya, dan TikTok yang mayoritas penggunanya adalah generasi Z, LinkedIn lebih didominasi oleh kaum profesional.

Ada banyak kaum profesional dengan banyak keahlian dan basic yang akan kamu temui. dengan ini kamu bisa berkenalan, berbagai ilmu dan pengalaman , serta menambah koneksi untuk mendukung perkembangan karier.

Membantu mencari dan melamar pekerjaan

Manfaat memiliki LinkedIn
LinkedIn. Foto: Pinterest

Lebih lanjut, melalui aplikasi LinkedIn kamu bisa mencari dan melamar pekerjaan bahkan di perusahaan besar. Fitur inilah yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan melalui aplikasi lainnya.

Hanya dengan satu klik kamu bisa melihat berbagai lowongan pekerjaan yang dipasang perusahaan dan memilahnya sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki.

Bagi kamu yang sedang dalam masa mencari kerja, atau sekedar mahasiswa yang sedang dalam masa terjun ke dunia kerja, fitur ini akan sangat membantumu untuk melamar pekerjaan. Lamaran yang kamu apply melalui LinkedIn nantinya akan langsung tersambung dengan perusahaan.

Peluang dilirik oleh perusahaan

Bukan tidak mungkin lho jika nantinya kamu bisa dilirik perusahaan untuk bekerja. Karena profil profesional yang disediakan oleh LinkedIn akan sangat membantu berbagai pihak untuk mengetahui data profesional dan keahlianmu.

Inilah yang menyebabkan ada banyak orang yang bisa mendapatkan pekerjaannya melalui aplikasi LinkedIn.

Begitulah pembahasan tentang manfaat memiliki LinkedIn.Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button