Maraknya penipuan dalam bisnis online, cerdiklah sebagai pembeli

Berbelanja online merupakan suatu tren dan kebutuhan bagi orang-orang yang mager keluar untuk membeli sesuatu. Dengan berbelanja online, kita tidak perlu bersusah payah untuk keluar rumah, melainkan kita tinggal pencet-pencet handphone kita untuk memesan dan membeli barang yang kita inginkan. Lalu, dengan berbelanja online seperti ini, apakah bebas dari suatu risiko? Seiring dengan banyaknya orang yang menjual barang dagangannya ke media online, banyak orang yang memanfaatkan situasi ini untuk melakukan penipuan dalam bisnis online. Dalam hal ini, kita sebagai pembeli harus pandai dalam memilih penjual online yang amanah dan jujur.

6 hal yang harus kamu lakukan agar tidak terkena penipuan dalam berbelanja online

Sebelum memutuskan untuk membeli barang secara online, kita harus menelisik terlebih dahulu terkait dengan penjual online tersebut. Untuk itu, agar kamu tidak tertipu saat melakukan belanja online, hal yang harus kamu lakukan yaitu:

Memilih media penjualan yang terpercaya, seperti shopee, tokopedia, lazada ataupun marketplace lainnya.

Agar kita terhindar dari penipuan belanja online, kita harus berhati-hati dalam memilih penjual. Jika kita ingin berbelanja online, utamakan melalui media perantara seperti shopee dan tokopedia. Dengan itu, kita bisa melacak produk yang kita beli.

Cari tahu tentang reputasi penjual

Artinya, kita sebagai pembeli harus cerdik dalam mencari tahu tentang seluk beluk penjual tersebut, entah itu terkait tentang aktif/tidaknya toko, testimoni, ataupun komentar-komentar yang tertera dalam postingan produknya, jikalau kamu ingin membeli produk diluar marketplace, seperti Instagram, Facebook ataupun yang lain.

Jangan memilih harga produk di bawah standar

Produk yang harganya di bawah standar memang sangat menggiurkan. Tetapi, dibalik harga yang sangat murah tersebut, ada sesuatu yang patut dicurigai, misalnya produk yang dijualnya palsu, unsur penipuan, ataupun hal lain.

Cek ulasan produk

Sebagai pembeli cerdik, kita harus mengecek ulasan produk yang dijual terlebih dahulu. Kamu harus perhatikan satu persatu ulasan produk dari pembeli sebelumnya, apakah produk yang dijualnya tersebut memuaskan ataupun tidak memuaskan.

Cermati gambar produk dan detail-nya

Kamu harus melihat gambar produk dan membaca deskripsi produk dengan seksama. Jika kamu agak ragu terhadap gambar produknya, kamu bisa menanyakan realpict produk yang dijualnya tersebut.

Meminta rekomendasi teman

Rekomendasi teman juga sangat penting agar kamu bisa mempertimbangkan keputusanmu untuk membeli produk di penjual tersebut.  

Utamakan Cash on Delivery (COD)

Agar kamu terhindar dari penipuan, kamu bisa menggunakan layanan COD. Dengan COD, kamu bisa membayarnya langsung tanpa harus transfer. Kamu juga bisa mengecek barang yang kamu beli tersebut, apakah sesuai dengan pesananmu atau tidak.

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button