Menentukan misi dan visi, langkah penting untuk bisnis berkesinambungan

Pada saat bisnis kamu berhasil bertahan dan kemudian berkembang, ada baiknya kamu mulai memikirkan visi dan misi bagi bisnismu. Apa pentingnya menentukan misi dan visi bisnis?

Pentingnya visi dan misi bisnis

Bila bisnismu sudah mulai berkembang, tentu kamu akan memerlukan orang-orang lain yang membantu operasional bisnis. Dengan demikian kamu akan lebih bisa berkonsentrasi pada hal-hal penting lainnya, seperti pemasaran atau pengembangan bisnis ke arah lain.

Dengan semakin banyak orang terlibat secara langsung pada bisnismu, tentu kamu akan memerlukan organisasi, serta strategi mengelola bisnis yang lebih baik.

Penentuan visi dan misi organisasi, akan menjadi pedoman yang dapat membantu setiap orang dalam organisasi. Membantu mereka sebagai arahan untuk menetapkan prioritas kegiatan, serta mengalokasikan sumber daya yang tentu saja ada batasnya. Dan yang lebih penting lagi adalah, memastikan bahwa setiap orang bekerja untuk mencapai tujuan dan sasaran bersama. 

Pembuatan visi dan misi

Pernyataan visi, misi organisasi antara lain menguraikan tiga hal yaitu :
bisnis perusahaan,
sasarannya, dan
strategi untuk mencapai sasaran tersebut.

Saat membuat pernyataan visi untuk perusahaanmu, pikirkanlah harapan dan impianmu di masa yang akan datang, terhadap perusahaan dan bisnismu. Bisa jadi itu merupakan impianmu 10, 20 atau 30 tahun yang akan datang.

Sedangkan pernyataan Misi harus dapat menjelaskan tujuan organisasi atau strategi bisnismu. Uraikan apa yang akan dilakukan bisnismu, siapa yang kamu atau organisasi mu layani dan bagaimana cara kalian an melayani mereka.

Visi dan misi bisnis tidak perlu terlalu kaku juga, di awal bentukan bisa saja dibikin sederhana, yang penting mudah untuk diingat. Contohnya seperti visi misi bisnis Markobar dan Sang pisang, bisnis kedua anak presiden Jokowi.

Visi dan misi mereka adalah memberikan kesempatan usaha, terutama kepada generasi milenial yang ingin mencoba punya usaha di bidang kuliner. ” Markobar dan Sang Pisang membuka peluang kepada anak muda yang ingin berwirausaha dengan menjadi mitra ( franchise).” Demikian pernyataan Gibran.

Begitulah, kamu bisa mulai mengembangkan angan-anganmu. Perusahaan seperti apa yang ingin kamu kembangkan.

Visi dan misi ini, kedepannya dapat dipergunakan untuk membentuk budaya perusahaanmu. Jadi kalau kamu ingin organisasimu berkembang dan bertahan lama, penentuan visi misi ini menjadi hal strategis yang wajib kamu bikin.

Demikianlah pentingnya menentukan visi dan misi bisnis saat startup-mu mulai berkembang. Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow  Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button