Mengalami kejaran debt collector? Laporkan ke instansi ini!

Bagi seorang debitur, diteror dengan cara dikejar-kejar oleh seorang debt collecor merupakan hal yang membuat pusing. Tak jarang seorang debitur sering merasa ketakutan jika harus menghadapi debt collector karena ia terus-menerus dikejar di manapun mereka melarikan diri. Bagaimana tindakanmu jika mengalami kejaran debt collector?

Bahkan terkadang jika seorang debitur belum bisa membayar juga, debt collector tak segan-segan menggunakan kekerasan dan melakukan tindakan ilegal. Seperti perusakan barang atau penyitaan barang. Padahal seorang debitur dapat meminta bantuan pihak yang berwenang dengan cara melaporkannya, agar mendapatkan perlindungan.

Berikut ini instansi-instansi yang dapat kamu mintai bantuan mengenai keluhanmu :

1. OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Kamu dapat melaporkan debt collector yang nakal lewat OJK. OJK adalah lembaga otoritas pengawas industri jasa keuangan yang wajib melindungi kepentingan konsumen ataupun masyarakat. Kamu dapat melayangkan pengaduan tersebut melalui :

  • Surat : Tujukan surat aduan secara tertulis kepada anggota dewan komisioner OJK, khususnya di bidang edukasi dan perlindungan konsumen. OJK ada di Menara Radius Prawiro, Lt.2 Komplek Perkantoran BI, ada di JL. MH. Thamrin No.2 Jakarta Pusat (10350).
  • Telepon : 157 (Yang beroperasi pada hari senin – jum’at pukul 08.00 – 17.00 WIB, kecuali hari libur)
  • E-mail : [email protected]
  • Form pengaduan online : http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan.

2. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)

Kamu dapat mengadu ke YLKI yang nantinya diteruskan ke OJK ataupun BI untuk segera ditindaklanjuti. Jika terdapat perilaku premanisme oleh debt collector saat menagih hutang, kamu dapat melaporkannya ke YLKI melalui :

  • Nomor telepon yang dapat dihubungi : 021 – 7981858 atau 7971378
  • Kantor YLKI di JL.Pancoran Barat No.VII/1, Kecamatan: Durentiga, Jakarta Selatan (12760)
  • Pelayanan pengaduan konsumen : senin – jum’at pukul 09.00 – 15.00 WIB. Untuk saat ini, pengaduan YLKI beralih ke sistem online. Jadi saat ingin melakukan pengaduan, dapat membuat janji terlebih dahulu lewat http://pelayanan.ylki.or.id

3. Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI)

Kamu dapat mengadukan tindakan kasar para debt collector ke YLBHI yang terdekat dengan domisili kamu. Untuk kantor YLBHI berada di JL. Diponegoro No.74, Menteng, Jakarta Pusat (10320). Disediakan juga kontak telepon di nomor 021 – 3929840, faks : 021 – 31930140, atau email ke [email protected].

4. Kantor polisi

Untuk membuat pelaporan, kamu bisa langsung datang ke kantor polisi terdekat di daerah kamu. Kamu dapat membuat pelaporan sehingga akan ditindaklanjuti segera oleh pihak yang berwenang.

Itulah hal-hal yang dapat kamu lakukan, jika mengalami kejaran debt collector. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button