Crazy rich Bos Avian, belajar bisnis dari angpau Imlek

Modal bisnis tidak hanya tentang modal material atau peninggalan orang tua. Tetapi juga tentang kualitas diri dan konsistensi dalam membangun bisnis juga menjadi modal besar berwirausaha hingga menjadi sosok crazy rich.

Ya, salah satu crazy rich bos Avian adalah Hermanto Tanoko, putra dari pendiri cat Avian Soetikno Tanoko lah yang mengajarkan tentang modal besar tersebut.

Cat Avian sudah kian terkenal dan siapa sosok di balik ketenaran cat tersebut? Mari mengenal sosok crazy rich Surabayan, bos Avian dengan 15.000 karyawan.

Avian adalah salah satu brand cat terbesar di Indonesia. Tak disangka-sangka, brand ini awalnya dimulai dari toko cat kecil yang berdiri di atas tanah Malang, Jawa Timur paa tahun 1962.

Kegigihan dalam berbisnis adalah kunci kesuksesan sebuah bisnis. Hermanto juga memiliki kegigihan yang menjadi modal ia berani berbisnis.

Hermanto meneruskan bisnis toko kecil milik ayahnya. Karena kerja kerasnya melanjutkan kiprah toko tersebut, akhirnya ia berhasil membangun perusahaan di bawah nama Tancorp Abadi Nusantara dengan 15.000 karyawan, 300 brand, 8 sub holding company, 77 company, 50 pabrik dan 130 channel distribusi.

Angpau Imlek adalah modal bisnis pertamanya

Setiap mendapatkan Angpau di hari raya Imlek, Hermanto diajarkan orang tuanya untuk membelikan uang tersebut dengan barang-barang yang diprediksi akan naik harganya seperti terigu, biskuit, telur, dan sejenisnya.

Sejak itulah, ia terbiasa dengan dunia bisnis. Ia banyak belajar pertumbuhan harga dari berbagai barang.

Melanjutkan legacy ayah hingga menjadi crazy rich

Pada usia 20 tahun, Hermanto sudah diminta sang ayah untuk membantu membesarkan cat Avian yang saat itu masih home industry. Pengerjaan cat pun masih biasa, apa adanya dan menggunakan cara konvensional.

Pada masa itu, jiwa Hermanto sebagai inovator pun tergerak. Ia mengambil inisiasi untuk membangun laboratorium dan merekrut ahli kimia untuk membantunya memperkuat bagian research and development PT Avia Avian.

Sosok Hermanto yang dikenal sebagai crazy rich saat ini tidak lepas dari peran sang Ayah yang selalu menuntunnya menjadi orang besar dan sukses.

Untuk berita bisnis inspiratif lainnya, silakan ikuti terus Bisnika.com atau ikuti IG kami di @Bisnika.Media. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button