Meraup untung dari bisnis rosokan

Sampah plastik terus menjadi biang kerok pencemaran lingkungan dan timbulnya bencana alam seperti banjir. Sampah plastik sering dipandang sebelah mata. Pasalnya tak banyak yang mau melihat sisi lain dari sampah plastik ini. Jenis sampah palstik sangat banyak, mulai dari botol bekas, bekakas, sampah kemasan minuman dan makanan, dan sebagainya. Sampah ini juga bisa disebut rosokan yang jika dikumpulkan bisa menjadi pundi-pundi rupiah. Apalagi jika dimanfaatkan, didaur ulang, dan dikelola dengan baik bisa meraup untung yang tak main-main. Wah juga ya bisnis rosokan ini.

Seputar mendaur ulang sampah plastik atau rosokan

Keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis rosokan bisa sampai jutaan rupiah. Untuk mendirikan bisnis rongsokan, kamu harus mengetahui rongsok mana yang mahal dan mana yang murah.

Ada beberapa jenis plastik yang nilai jualnya tinggi, dan ada juga yang nilainya rendah. Semuanya dinilai dari bahan yang masih bisa didaur ulang menjadi barang mahal, atau barang biasa. Selain itu juga dinilai dari kemudahan dan kesulitan pengolahannya nanti.

Rongsokan yang sduah dikumpulkan bisa dicacah dan didaur ulang menjadi barang berguna. Bahkan bisa menjadi suatu bahan baku lagi yang bisa dijual ke perusahaan industri lainnya.

Tips Memulai bisnis rosokan

Untuk mengawali bisnis ini, kamu harus mencari lokasi yang tepat untuk bisnismu, dimana areanya memiliki keluasan untuk menaruh barang-barang rongsok yang sudah dikepul, rongsok yang sudah dipilah-pilah, dan rongsok yang diolah.

Kamu juga perlu mencari karyawan yang dapat membantu pekerjaanmu tersebut, mulai dari memilah-milah jenis plastik, memilah plastik yang bsia didaur ulang sejenis, dan sebagainya. Bahan plastik jika berbeda nilainya dan diolah secara bersamaan bisa saja merugi dan bukannya untung.

Jangan lupa sediakan alat pengaman, baju pengaman untuk para karyawan yang sudah bersedia membantumu.

Kreasi barang bekas. Foto: Instagram

Selanjutnya adalah promosi usaha, sesuatu hal yang tidak bisa dihilangkan dari kesuksesan usaha dan bisnis. Kamu bisa mempromosikan usahamu yang menerima dan menjual barang bekas melalui media sosial. Salah satu alat jitu promosi adalah media sosial.

Untuk ide daur ulangnya, selain mendaur ulang menjadi bahan baku industri lainnya, kamu juga bsia mengolahnya menjadi kerajinan yang bisa digunakan keseharian masyarakat. Misalnya tas dari limbah plastik kopi atau deterjen dan sejenisnya. Bunga dari plastik, dan sebagainya. Buat dan kreasikan seunik mungkin

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button