Google Indonesia: Penelusuran motor listrik naik 110%, tunjukkan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik

- Selasa, 21 Februari 2023 | 11:25 WIB
Motor listrik ECGO 3 (kiri) dan ECGO 5 (kanan) (Bisnika/Dion Yudhantama)
Motor listrik ECGO 3 (kiri) dan ECGO 5 (kanan) (Bisnika/Dion Yudhantama)

Bisnika - Google Indonesia mengeluarkan laporan Year in Search (YIS) 2022. Ini merupakan laporan edisi kelima yang menggambarkan perubahan perilaku konsumen Indonesia sebagai referensi bagi pelaku bisnis di berbagai industri.

Otomotif dan transportasi adalah satu dari sekian industri yang paling terdampak saat pandemi, dan baru-baru ini diperkirakan mencapai tingkat pre-krisis.

Dengan tren yang terus berevolusi, pelaku otomotif didorong untuk menerapkan strategi digital-first dan berinovasi untuk memenuhi permintaan konsumen, yang kini mulai mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam keputusan membeli kendaraan.

Baca Juga: Catat nih! 4 Tips memilih laptop untuk pelajar

Kini lebih banyak komuter yang lebih memilih opsi transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Laporan YIS tahun ini menunjukkan minat Penelusuran untuk “motor listrik” mengalami kenaikan sebesar 110%, termasuk ketertarikan terhadap “mobil hybrid” dan “sepeda listrik” yang masing-masing meningkat hingga 100%. Tak cuma itu, Penelusuran "SPKLU" juga meningkat sebanyak 90 persen.

Laporan kenaikan penelusuran terkait dengan kendaraan listrik di Google
Laporan kenaikan penelusuran terkait dengan kendaraan listrik di Google (Google Indonesia)

Selain itu, seiring dengan peningkatan minat terhadap kendaraan terelektrifikasi, di sisi lain, maraknya mobilitas ini pun menjadi faktor yang turut menimbulkan kekhawatiran.

Masyarakat seperti semakin disadarkan dan mulai mempertimbangkan isu-isu terkait sehingga memengaruhi pilihan transportasi mereka.

Beberapa isu tersebut seputar transportasi dan mobilitas juga terlihat meningkat, seperti penulusuran terkait “tarif tol” yang tercatat mengalami peningkatan Penelusuran sebesar 20%.

Baca Juga: 7 Tips sukses kelola bisnis kecil agar semakin besar

Kemudian juga Penelusuran terkait “harga bensin” yang meningkat lebih dari 20%, serta Penelusuran terkait “kenapa macet” juga naik lebih dari 40%.

Oleh karena alasan tersebut, masyarakat Indonesia pun mulai mencari alternatif lain seperti kendaraan umum sebagai transportasi pilihan mereka. Dapat dilihat dengan minat masyarakat terhadap:
Penelusuran “kereta” yang meningkat lebih dari 60%.
Penelusuran “busway” dengan peningkatan lebih dari 70%.
Penelusuran “MRT” yang meningkat 70%.
Penelusuran “ride hailing” yang meningkat 40%.

***

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Tags

Terkini

X