Pendapatan platform streaming Viu tumbuh 45 persen pada tahun 2022

- Sabtu, 4 Maret 2023 | 11:36 WIB
Ilustrasi platform streaming Viu (Marketech Apac)
Ilustrasi platform streaming Viu (Marketech Apac)

Bisnika.com - platform streaming video OTT, Viu mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang kuat dan mencapai EBITDA positif untuk tahun pertama.

Hal itu terungkap dalam laporan keuangan yang diumumkan oleh perusahaan induk Viu, PCCW Limited, untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2022 lalu.

Pengguna aktif bulanan (monthly active user atau MAU) tumbuh sebesar 13% YoY menjadi 66,4 juta dan pelanggan berbayar tumbuh lebih dari 45% untuk periode yang sama menjadi 12,2 juta.

Baca Juga: OPPO raih berbagai penghargaan di MWC 2023, OPPO Find N2 Flip dan OPPO Air Glass 2 jadi sorotan

Viu tetap berada di posisi teratas dalam kategori MAU selama 12 kuartal berturut-turut dan peringkat kedua dalam pelanggan berbayar serta menit streaming di seluruh wilayah Asia Tenggara.

pendapatan Viu juga tumbuh sebesar 45% YoY menjadi 206 juta dollar AS pada tahun 2022. Diluncurkan pada tahun 2015, Viu adalah salah satu pengadopsi paling awal di kawasan ini dengan model pendapatan ganda, langganan premium dan periklanan digital.

Dengan upaya yang konsisten dalam mendorong layanan D2C dan memperluas distribusi melalui kemitraan dengan operator telekomunikasi, mitra digital, merek, dan biro iklan di tingkat lokal dan regional, Viu melihat pertumbuhan pendapatan SVOD dan AVOD yang solid pada platform.

Baca Juga: realme luncurkan realme GT3 secara global di ajang MWC 2023

Laporan Media Partners Asia (MPA) yang baru-baru ini dirilis bertajuk SEA Online Video Consumer Insights & Analytics, Q4 2022 juga menggambarkan kinerja Viu untuk tahun 2022.

Dalam laporan MPA, disebutkan bahwa video online Asia Tenggara menambahkan 4,6 juta pelanggan baru berbayar pada Q4 2022. Ini merupakan pertumbuhan yang tertinggi sejak Q2 2021.

"Viu adalah salah satu dari dua layanan OTT teratas yang mendorong sekitar 51% penambahan pelanggan yang dikumpulkan di lima pasar Asia Tenggara," tulis laporan MPA soal Viu.

Baca Juga: Strategi yang harus disiapkan UMKM untuk merambah pasar ekspor, simak baik-baik yuk!

Selain itu, Viu juga disebutkan menjadi salah satu dari tiga platform terkemuka di Asia Tenggara, menyumbang 52% agregat dari langganan di wilayah tersebut.

"Tiga hingga lima drama Korea eksklusif Viu per kuartal di Q2 hingga Q4 mendorong pertumbuhan pelanggan, dengan konten variety show maupun drama yang terus memberikan diferensiasi kompetitif. Upaya menghadirkan konten original dan akuisisi konten free-to-air (FTA) juga berdampak dalam mempertahankan pelanggan," lanjut laporan MPA.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Viu Indonesia

Tags

Terkini

X