Mulai hidup hemat dengan mencegah pembelian secara impulsif. Begini tipsnya!

- Kamis, 2 September 2021 | 06:00 WIB


Salah satu penyebab pengeluaran tidak terkendali adalah karena konsumen seringkali melakukan pembelian secara impulsif. Parahnya, pembelian impulsif dapat menjadi ancaman tersendiri bagi pelaku jika kebiasaan ini tidak segera dihentikan. Utamanya adalah terkait dengan masalah finansial.





Nah agar kamu bisa menghindarkan diri dari masalah-masalah finansial yang mengincar dikemudian hari, yuk sejak dini mulai mencegah pembelian secara impulsif. Tapi bagaimana caranya? Berikut beberapa poin yang harus kamu perhatikan jika ingin mencegah pembelian secara impulsif.





Menjadwalkan waktu belanja





-
Mengatur jadwal belanja. Foto: Pinterest




Jika kamu terbiasa belanja secara berlebihan padahal kebutuhanmu akan hal tersebut sebenarnya tidak terlalu banyak, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menjadwalkan kapan waktu untuk berbelanja. Misalnya 2 minggu sekali atau bahkan 1 bulan sekali.





Dengan begini meskipun kamu terlihat belanja begitu banyak, namun sebenarnya kamu berbelanja dalam jangka panjang dan memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang. Nah, jadi lebih mudah dan hemat kan?





Menjadwalkan waktu belanja juga membuatmu lebh hemat waktu. Tidak perlu bolak balik belanja terus menerus, dan lebih dapat mengendalikan stok bahan di rumah.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Contoh CV untuk magang, kamu harus patuhi poin ini

Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Promo mobil Wuling di GIIAS, test drive dapat hadiah

Jumat, 19 November 2021 | 15:32 WIB

Wuling gempur mobil listrik di Indonesia

Jumat, 19 November 2021 | 15:21 WIB

Interview online, ini hal yang harus kamu siapkan

Jumat, 19 November 2021 | 13:21 WIB

5 Crypto dalam gaming yang wajib kamu tahu

Senin, 15 November 2021 | 15:15 WIB

Terpopuler

X