Program Makmur untuk tingkatkan kesejahteraan petani. Akan kah berhasil?

- Jumat, 3 September 2021 | 12:00 WIB


Pertanian menjadi salah satu sektor yang tidak bisa luput dari perhatian pemerintah. Jika pertanian dalam negeri maju, Indonesia bukan hanya berpeluang untuk menghentikan import bahan baku utama. Melainkan juga berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui import bahan pangan yang berkualitas. Karena itu lah pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan petani Indonesia. Dikutip dari laman Liputan6.com, pada 28 Agustus 2021 kemarin Menteri BUMN Erick Thohir secara resmi berhasil meluncurkan Program Makmur yang dicetuskan oleh PT Pupuk Indonesia (Persero). Dicetuskannya Program Makmur untuk tingkatkan kesejahteraan petani ini tentu saja bertujuan untuk memacu sekaligus meningkatkan produktivitas pertanian Indonesia.





Sebelumnya Program Makmur Pupuk Indonesia bersama Agrosolution. Yang sebelumnya telah dirintis sejak akhir 2020 lalu. Program ini merupakan bentuk program pendampingan dan pengawalan intensif kepada petani dan pembudidaya produk pertanian dengan dukungan teknologi canggih.





Keuntungan Program Makmur





-
Ilustrasi produktifitas petani. Foto: iNews




Jika sebelumnya disampaikan tujuan diadakannya Program Makmur untuk tingkatkan kesejahteraan petani, mari kita bahas lebih dalam tentang keuntungan petani yang tergabung dalam program ini.





Pertama, petani akan mendapatkan kenaikan produktivitas pertanian dari bimbingan, penggunaan bahan baku yang lebih baik, dan pengenalan teknologi canggih kepada petani. Petani juga akan lebih banyak mendapatkan keuntungan karena perkiraan biaya produksi yang lebih rendah namun dengan produktifitas yang lebih tinggi.





Program ini akan sangat membantu petani dan budidaya pertanian. Seperti dalam aspek budidaya tanaman yang berkelanjutan, petani mendapatkan banyak informasi terbaru tentang teknik pertanian sekaligus mendapatkan kesempatan untuk dibimbing, dapat melakukan digital farming, dan mendapatkan mekanisme pertanian yang lebih baik.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Contoh CV untuk magang, kamu harus patuhi poin ini

Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Promo mobil Wuling di GIIAS, test drive dapat hadiah

Jumat, 19 November 2021 | 15:32 WIB

Wuling gempur mobil listrik di Indonesia

Jumat, 19 November 2021 | 15:21 WIB

Interview online, ini hal yang harus kamu siapkan

Jumat, 19 November 2021 | 13:21 WIB

5 Crypto dalam gaming yang wajib kamu tahu

Senin, 15 November 2021 | 15:15 WIB

Inflasi menggerogoti nilai uang

Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:00 WIB
X