Perusahaan hasil merger di Indonesia yang saat ini cukup sukses

- Senin, 20 September 2021 | 18:00 WIB


Merger dan akuisisi merupakan dua penggabungan perusahaan yang sudah tidak lagi asing di telinga kita. Namun dibandingkan akuisisi, seperti merger lebih menarik untuk dibahas lantaran menggabungkan dua perusahaan menjadi satu perusahaan lain. Penggabungan seperti ini di Indonesia ini jumlahnya sangat banyak. Baru-baru ini perusahaan yang telah resmi memutuskan penggabungan adalah Tri dan Indosat. Sebelum itu tentu saja ada lebih banyak berbagai perusahaan yang mengalami penggabungan. Berikut adalah beberapa perusahaan hasil merger di Indonesia yang saat ini cukup sukses. Perusahaan apa saja ya?





PT Bank Mandiri





-
Bnank Mandiri. Foto: Pinterest




Kamu mungkin tidak menyangka kalau PT Bank Mandiri ini merupakan perusahaan hasil merger. Perusahaan dengan fokus bisnis dalam bidang perbankan dan keuangan ini telah diresmikan pada tanggal 2 Oktober 1998 silam. Dan merupakan hasil penggabungan antara beberapa bank-bank besar. Yakni PT Bank Bumi Daya (BDD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), dan terakhir adalah Bank Ekspor Impor Indonesia (EXIM).





Bank Mandiri juga secara otomatis tergabung menjadi bagian dari perusahaan BUMN karena hasil merger dari bank-bank milik negara.





Bank Permata Tbk, PT





Meskipun Bank Permata memang tidak sepopuler Bank Mandiri. Namun penggunaan Bank Permata semakin meluas semenjak banyak stat up digital dalam bidang investasi yang menjalin kerjasama dengan Bank Pertama.





Adapun sebelumnya bank ini terbentu lantaran pemerintah berusaha untuk mengatasi krisis moneter 1998. Dimana ke-lima bank pembentuk Bank Permata Tbk adalah bank dengan permodalan yang lemah. Yakni Bank Patriot, Bank Prima Express, Bank Artha Media, Bank Bali, dan Bank Universal.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Contoh CV untuk magang, kamu harus patuhi poin ini

Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Promo mobil Wuling di GIIAS, test drive dapat hadiah

Jumat, 19 November 2021 | 15:32 WIB

Wuling gempur mobil listrik di Indonesia

Jumat, 19 November 2021 | 15:21 WIB

Interview online, ini hal yang harus kamu siapkan

Jumat, 19 November 2021 | 13:21 WIB

5 Crypto dalam gaming yang wajib kamu tahu

Senin, 15 November 2021 | 15:15 WIB

Terpopuler

X