Perusahaan tertua di Indonesia yang tetap eksis hingga saat ini

- Kamis, 23 September 2021 | 13:00 WIB


Menurutmu, dalam waktu berapa lama sebuah perusahaan bisa bertahan bahkan tetap eksis dengan produk dan jasa yang ditawarkan? 10 tahun? 20 tahun? 50 tahun? Hem, bahkan ada yang lebih dari itu. Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa perusahaan tertua di Indonesia yang tetap eksis hingga saat ini. Kira-kira perusahaan apa saja ya yang tergolong dalam daftar perusahaan tertua di Indonesia? Yuk simak penjelasannya.





PG Pabrik Pangka Tegal (berdiri 1832)





-
PG Pabrik Pangka Tegal. Foto: DPRD Kab Tegal




Pabrik Gula Pangka Tegal yang sudah berdiri sejak zaman pemerintahan Belanda sekitar tahun 1832 ini menjadi salah satu pabrik tertua di Indonesia. Pabrik gula ini menjadi perusahaan pengolahan tebu menjadi gula yang berdiri di wilayah Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Masyarakat Tegal pasti tahu tentang riwayat pabrik ini.





PT Semen Padang (berdiri 1910)





Dari pabrik gula, sekarang kita beralih ke pabrik semen yakni PT Semen Padang (Perusahaan) yang juga tidak kalah tuanya. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 18 Maret 1910 yang awalnya dinamakan dengan perusahaan NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij.





NV NIPCM menjadi pabrik semen pertama di Indonesia yang akhirnya berubah nama menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sebagaimana hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 20 Desember 2012.





PT Bumi Putera (berdiri 1912)





Perusahaan asuransi Bumi Putera menjadi salah satu perusahaan asuransi tertua di Indonesia yang saat itu didirikan oleh 3 orang, yakni Mas Karto Hadi Karto Soebroto, Mas Ngabehi Dwidjosewono, dan terakhir adalah Mas Adimidjojoini. Ketiga melihat adanya keprihatinan yang dialami oleh para guru pribumi kala itu. Hingga akhirnya ketianya berusaha untuk membentuk usaha bersama yang sederhana kala itu.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Contoh CV untuk magang, kamu harus patuhi poin ini

Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Promo mobil Wuling di GIIAS, test drive dapat hadiah

Jumat, 19 November 2021 | 15:32 WIB

Wuling gempur mobil listrik di Indonesia

Jumat, 19 November 2021 | 15:21 WIB

Interview online, ini hal yang harus kamu siapkan

Jumat, 19 November 2021 | 13:21 WIB

5 Crypto dalam gaming yang wajib kamu tahu

Senin, 15 November 2021 | 15:15 WIB

Terpopuler

X