Investasi reksadana untuk pemula, coba beberapa jenis reksadana dibawah ini!

- Rabu, 29 September 2021 | 10:00 WIB


Investasi reksadana akhir-akhir ini semakin booming. Selain memang karena promosi dan rekomendasi investasi yang gencar dilakukan, kesadaran investasi masyarakat kepada produk investasi digital juga lebih tinggi. Investasi Reksadana menjadi salah satu produk pilihan yang sangat direkomendasikan untuk pemula. Bukan hanya sangat menguntungkan karena range keuntungan yang jauh lebih tinggi dibandingkan deposito, likuiditas reksadana juga tinggi dan pencairan yang mudah.





Investasi reksadana untuk pemula sangat disarankan untuk menyimpan dana dalam jangka menengah dan jangka panjang. Berikut adalah beberapa jenis reksadana yang bisa dipertimbangkan.





Reksadana saham





-
Reksadana saham. Foto: Pinterest




Dibandingkan jenis reksadana lainnya, potensi imbal balik reksadana saham lebih tinggi. Dalam sepuluh tahun belakangan, imbal balik oleh reksadana saham adalah 18% dalam setahun. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, sebaiknya gunakan reksadana saham untuk berinvestasi dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun.





Reksadana campuran





Manajer investasi akan menginvestasikan dana reksadana campuran ke produk saham dan obligasi. Keuntungannya cukup menjanjikan, dengan risiko di bawah reksadana saham. Sebaiknya gunakan produk investasi ini untuk kebutuhan keuangan jangka menengah. Yakni lebih dari 3 tahun.





Reksadana pasar uang





Manajer investasi akan mengalokasikan dana investasi ke produk dana tunai atau obligasi yang segera jatuh tempo. Meskipun nilai imbal hasilnya paling rendah, namun keuntungan yang ditawarkan sedikit di atas deposito. Produk reksadana ini sangat cocok untuk investasi jangka kurang dari 1 tahunan.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Contoh CV untuk magang, kamu harus patuhi poin ini

Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Promo mobil Wuling di GIIAS, test drive dapat hadiah

Jumat, 19 November 2021 | 15:32 WIB

Wuling gempur mobil listrik di Indonesia

Jumat, 19 November 2021 | 15:21 WIB

Interview online, ini hal yang harus kamu siapkan

Jumat, 19 November 2021 | 13:21 WIB

5 Crypto dalam gaming yang wajib kamu tahu

Senin, 15 November 2021 | 15:15 WIB

Inflasi menggerogoti nilai uang

Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:00 WIB
X