Business forecast dan cara membuatnya, Ada yang belum tahu?

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 17:00 WIB


Business forecast atau sederhananya dikatakan sebagai prakiraan bisnis adalah alat yang biasanya digunakan oleh bisnis dan organisasi dalam rangka membuat keputusan tentang perencanaan seputar bisnis. Baik dalam hal keuangan, penganggaran, hingga dalam hal memperkirakan pertumbuhan pendapatan bisnis di masa depan. Kali ini kita akan bahas lebih dalam bisnis forecast dan cara membuatnya.





Business forecast atau prakiraan bisnis sangat membantu untuk memperkirakan bagaimana kinerja bisnis ke depannya. Baik dalam hal prediksi hasil penjualan, hingga pertumbuhan laba di masa depan. Dengan memanfaatkan data-data di periode sebelumnya.





Idealnya setiap bisnis baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar harus bisa membuat prakiraan bisnis dan menerapkannya. Jika ingin tahu lebih banyak tentang business forecast dan cara membuatnya, berikut pembahasannya melalui artikel dibawah ini.





Metode dalam business forecast





-
Metode pembuatan business forecast.Foto: Shutterstok




Untuk membuat prakiraan bisnis, ada dua metode yang biasanya digunakan. Yakni metode kualitatif dan kuantitatif. Berikut adalah uraian lengkapnya.





Metode Kualitatif





Prakiraan bisnis kualitatif adalah prakiraan bisnis jangka pendek yang dibuat dengan memanfaatkan pengamatan dan pendapat. Baik itu bersumber dari pakar, analis, ahli, maupun dari konsumen secara langsung.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Contoh CV untuk magang, kamu harus patuhi poin ini

Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Promo mobil Wuling di GIIAS, test drive dapat hadiah

Jumat, 19 November 2021 | 15:32 WIB

Wuling gempur mobil listrik di Indonesia

Jumat, 19 November 2021 | 15:21 WIB

Interview online, ini hal yang harus kamu siapkan

Jumat, 19 November 2021 | 13:21 WIB

5 Crypto dalam gaming yang wajib kamu tahu

Senin, 15 November 2021 | 15:15 WIB

Terpopuler

X