Inflasi menggerogoti nilai uang

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:00 WIB


Pernahkah terlintas di benak kamu, berapa jumlah biaya pendidikan anak yang harus disediakan dalam waktu 10 tahun atau 20 tahun? Kemudian langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mempersiapkan biaya pendidikan tersebut? Misalkan pada biaya pendidikan membutuhkan 5 juta tiap semesternya, kecil kemungkinan uang tersebut cukup untuk membiayai pendidikan tinggi dalam beberapa tahun ke depan. Semua itu terjadi karena adanya inflasi setiap tahun yang menggerogoti uang kita. Bagaimana cara menghindari inflasi?





Mengenal inflasi





-
Nilai uang terkikis inflasi. Foto: Pinterest




Inflasi merupakan kecenderungan kenaikan harga barang dan jasa dalam waktu tertentu. Jadi apabila salah satu barang saja yang mengalami kenaikan maka hal itu bukanlah inflasi. Kecuali satu barang tersebut memiliki kekuatan untuk mempengaruhi harga barang lain.





Inflasi juga dapat dikatakan merosotnya nilai uang karena uang yang beredar terlalu banyak sehingga menyebabkan harga barang dan jasa naik. Inflasi timbul karena beberapa faktor. Antara lain meliputi jumlah permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tidak sesuai dengan persediaan yang ada. Oleh karena itu harga suatu barang atau jasa meningkat.





Keadaan tersebut sering kali terjadi ketika bulan Ramadan dan hari besar tiba. Di mana permintaan masyarakat akan kebutuhan pokok meningkat drastis dibanding dengan hari – hari biasa. Hal itu sesuai dengan hukum ekonomi yang menyatakan, bahwa ketika permintaan naik sedangkan penawaran tetap, maka harga barang atau jasa akan cenderung mengalami kenaikan.





Kedua, meningkatnya biaya produksi. Ada beberapa hal yang mendorong kenaikan biaya produksi. Contohnya seperti naiknya upah dan kompensasi karyawan. Juga naiknya bahan baku, yang kemudian secara tidak langsung akan menyebabkan kenaikan barang atau jasa.

Halaman:

Editor: Lisdiana Safitri

Tags

Terkini

Contoh CV untuk magang, kamu harus patuhi poin ini

Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Promo mobil Wuling di GIIAS, test drive dapat hadiah

Jumat, 19 November 2021 | 15:32 WIB

Wuling gempur mobil listrik di Indonesia

Jumat, 19 November 2021 | 15:21 WIB

Interview online, ini hal yang harus kamu siapkan

Jumat, 19 November 2021 | 13:21 WIB

5 Crypto dalam gaming yang wajib kamu tahu

Senin, 15 November 2021 | 15:15 WIB

Inflasi menggerogoti nilai uang

Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Mengenal istilah merger, akuisisi, dan right issue

Selasa, 5 Oktober 2021 | 09:00 WIB
X