Pandora Papers list dua pejabat ternama Indonesia. Bukan rahasia umum lagi?

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 09:00 WIB


Pandora Papers list yang diketahui merupakan salah satu kolaborasi jurnalistik terbesar di dunia dengan tujuan untuk mengungkap berbagai catatan rahasia tersembunyi dari tokoh-tokoh di seluruh dunia. Penelitian Pandora Papers yang melibatkan hingga lebih dari 600 jurnalis dari 150 media di lebih dari 117 negara ini mengungkap tentang berbagai rahasia besar. Baik tentang penyembunyian pajak, aset, serta hal-hal lain yang cukup sensitif untuk diketahui publik. Bisa dibilang jika nama seseorang sudah termuat di dalamnya, ini adalah akhir dari karir gelap seseorang.





Namun bagaimana jika nama pengusaha dan pejabat dalam negeri termuat dalam laporan Pandora Papers? Ya, beberapa waktu lalu memang Pandora Papers list sejumlah pengusaha dan pejabat Indonesia. Beberapa diantaranya memang tidak asing. Sering wara wiri di publik, dan bahkan orang awam pun tidak menyangka bahwa namanya akan termuat dalam laporan rahasia ini.





Siapa saja sih memang sejumlah nama yang masuk dalam Pandora Papers list ini? Lantas bagaimana tanggapan mereka atas masuknya namanya ke dalam daftar laporan rahasia tersebut? Simak artikelnya.





Airlangga Hartarto





-
Airlangga Hartarto. Foto: Pinterest




Menteri Airlangga Hartarto yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menjadi salah satu dari dua daftar pejabat Indonesia yang namanya terkuak masuk ke dalam laporan Pandora Papers beberapa waktu lalu.





Dalam laporan ini, Airlangga Hartarto diketahui mendirikan dua perusahaan cangkang untuk menyembunyikan aset dan perpajakan. Yakni perusahaan Buckley Development Corporation serta perusahaan Smart Property Holdings Limited.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Contoh CV untuk magang, kamu harus patuhi poin ini

Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Promo mobil Wuling di GIIAS, test drive dapat hadiah

Jumat, 19 November 2021 | 15:32 WIB

Wuling gempur mobil listrik di Indonesia

Jumat, 19 November 2021 | 15:21 WIB

Interview online, ini hal yang harus kamu siapkan

Jumat, 19 November 2021 | 13:21 WIB

5 Crypto dalam gaming yang wajib kamu tahu

Senin, 15 November 2021 | 15:15 WIB

Inflasi menggerogoti nilai uang

Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Mengenal istilah merger, akuisisi, dan right issue

Selasa, 5 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Investor asing vs investor domestik

Senin, 4 Oktober 2021 | 19:00 WIB
X