Lagi, Pandora Papers ungkap kekayaan tersembunyi pebisnis Indonesia

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 08:00 WIB


Jaringan Pandora Papers memang tidak bisa disepelekan. Utamanya bagi pengusaha dan tokoh-tokoh penting di seluruh dunia yang memiliki rahasia haram tersembunyi. Baik itu tentang penyelewengan pajak, pendirian perusahaan cangkang, narkoba, dan masih banyak lagi. Selain dua pejabat Indonesia yakni Luhut dan Airlangga yang sempat tersebut dalam daftar laporan Pandora Papers, kini Pandora Papers ungkap kekayaan tersembunyi pebisnis Indonesia. Yakni Edward Soeryadjaya dan juga Keluarga Ciputra yang diungkap mendirikan perusahaan cangkang untuk menghindari pajak di wilayah tersembunyi. Mau tahu kelanjutannya? Simak artikel dibawah ini!





Edward Soeryadjaya





-
Edward Soeryadjaya pasca sidang korupsi. Foto: Bisnis.com




Edward Soeryadjaya merupakan pengusaha Indonesia yang saat ini tengah terjebak di jeruji besi lantaran kasus korupsi pengelolaan duit dana pensiun Pertamina. Ternyata kejahatannya kepada negara bukan hanya korupsi. Namun juga menghindari pajak dalam jumlah besar dengan mendirikan perusahaan cangkang Ortus Holdings Limited.





Diduga perusahaan cangkang Ortus Holdings Limited sangat erat kaitannya dengan penyelewengan dana pensiun Pertamina. Sayangnya, perusahaan yang berkantor di British Virgin Islands ini sama sekali tidak disebutkan dalam kasus dana pensiun Pertamina, yang menjeratnya.





Keluarga Ciputra





-
Keluarga Ciputra dalam keterangan Pers. Foto: Beritasatu




Keluarga Ciputra yang dikenal sebagai keluarga dengan kerajaan bisnis cukup besar di Indonesia juga tercatat dalam laporan Pandora Papers tentang kepemilikan perusahaan atas namanya di British Virgin Islands. Menurut sumber, dua perusahaan cangkang yang didaftarkan adalah Great Oriental Holdings Limited dan juga Louve Landing Investments Incorporated.





Mendengar kabar tak sedap ini, secara langsung Direktur Utama Ciputra Development, Harun Hajadi mengkonfirmasi ketidak benaran informasi. Sebagaimana yang dikutip dari laman Tempo.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Contoh CV untuk magang, kamu harus patuhi poin ini

Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Promo mobil Wuling di GIIAS, test drive dapat hadiah

Jumat, 19 November 2021 | 15:32 WIB

Wuling gempur mobil listrik di Indonesia

Jumat, 19 November 2021 | 15:21 WIB

Interview online, ini hal yang harus kamu siapkan

Jumat, 19 November 2021 | 13:21 WIB

5 Crypto dalam gaming yang wajib kamu tahu

Senin, 15 November 2021 | 15:15 WIB

Inflasi menggerogoti nilai uang

Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Mengenal istilah merger, akuisisi, dan right issue

Selasa, 5 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Investor asing vs investor domestik

Senin, 4 Oktober 2021 | 19:00 WIB
X