Berapa gaji yang kamu inginkan? Ini jawaban tepat saat interview

- Jumat, 19 November 2021 | 16:17 WIB
Berapa gaji yang kamu inginkan? Pertanyaan ini kerap ada dalam interview kerja. Foto: Pinterest
Berapa gaji yang kamu inginkan? Pertanyaan ini kerap ada dalam interview kerja. Foto: Pinterest


Tahapan sebelum mendapatkan pekerjaan, yaitu kamu harus apply surat lamaran terlebih dahulu ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Dan setelah apply, di tahap selanjutnya adalah kamu harus melakukan interview. Nah, dalam interview ini, kamu akan ditanyai terkait dengan kepribadianmu, pengalamanmu hingga ditanyai berapa gaji yang kamu inginkan.





Pertanyaan HRD tentang ekspektasi gaji ini seringkali membuat bingung para pelamar kerja, khususnya para freshgraduate yang belum sama sekali melamar pekerjaan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu menjawab pertanyaan tentang gaji.





Riset gaji minimal





Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melangsungkan interview kerja adalah kamu harus melakukan riset gaji minimal posisi pekerjaan yang kamu lamar dan domisili tempat kamu bekerja. Misalnya, gaji maintenance di perusahaan BUMN. Kamu bisa mencari tahu terkait dengan gaji yang pantas kamu dapatkan nantinya melalui riset ini.





Pertimbangkan dengan skill dan pengalamanmu





Sebelum kamu menjawab tentang berapa gaji, kamu bisa mempertimbangkan skill dan pengalamanmu terlebih dulu. Apabila kamu adalah seorang fresh graduate dan tidak mempunyai pengalaman kerja sama sekali, kamu disarankan agar tidak mengharapkan gaji yang terlalu besar. Hal ini dikarenakan bahwa kamu masih minim pengalaman dan skill yang kamu punya juga masih sangat terbatas.





Beda halnya dengan pelamar yang sudah mempunyai banyak pengalaman dan skill yang sudah terlatih, mereka bisa meminta gaji tinggi sesuai dengan pengalaman dan skill yang mereka miliki.

Halaman:

Editor: Fatikha Rizqya Nur - Bisnika.com

Tags

Terkini

Contoh CV untuk magang, kamu harus patuhi poin ini

Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Promo mobil Wuling di GIIAS, test drive dapat hadiah

Jumat, 19 November 2021 | 15:32 WIB

Wuling gempur mobil listrik di Indonesia

Jumat, 19 November 2021 | 15:21 WIB

Interview online, ini hal yang harus kamu siapkan

Jumat, 19 November 2021 | 13:21 WIB

5 Crypto dalam gaming yang wajib kamu tahu

Senin, 15 November 2021 | 15:15 WIB

Terpopuler

X