Catat! Ini 3 aspek utama untuk kuatkan ekonomi Indonesia menurut Arsjad Rasjid

- Kamis, 15 Desember 2022 | 15:52 WIB
Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid (KADIN Indonesia)
Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid (KADIN Indonesia)

Bisnika - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Arsjad Rasjid mengungkap tiga aspek utama untuk menguatkan ekonomi Indonesia.

Tiga aspek utama itu bisa dilakukan guna membuat Indonesia lebih tangguh dalam menghadapi ancaman gejolak perekonomian global.

Adapun tiga aspek tersebut adalah peningkatan digitalisasi pada dunia usaha, mendorong TKDN (tingkat komponen dalam negeri), serta akselerasi transisi EBT (energi baru dan terbarukan) dan penerapan ESG.

Digitalisasi dunia usaha

Adopsi digitalisasi serta teknologi 4.0 pada dunia usaha, terutama bagi UMKM, sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Sekitar 80 persen bisnis yang bertransformasi digital cenderung bertahan dalam tantangan dan gejolak ekonomi. Untuk mendorong hal ini, Arsjad mengatakan KADIN Indonesia menciptakan beberapa inisiatif seperti Wiki Wirausaha dan platform KADIN Tech Hub.

"Wiki Wirausaha adalah sebuah wadah atau platform online bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan mitra, akses pasar, atau informasi yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan usahanya," kata Arsjad dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis 15 Desember 2022.

Baca Juga: Wujudkan ekosistem digital industri kreatif dan media di Indonesia SMEsLive hadir di SMEsX 2023 UMKM Melesat

"Melalui wikiwirausaha.id, UMKM dapat berdiskusi satu sama lain dari masalah perizinan usaha hingga literasi keuangan. Pelaku UMKM juga bisa mendapatkan informasi mengenai pelatihan melalui platform ini,” sambungnya.

Selain Wiki Wikirausaha, KADIN Indonesia juga memiliki KADIN Tech Hub yang hadir sebagai sebuah sebuah platform digital yang mempertemukan perusahaan yang memiliki masalah dengan ekosistem, sehingga dapat memberikan pengembangan solusi digital yang terintegrasi dengan semangat ekonomi kolaborasi.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Tags

Terkini

Contoh CV untuk magang, kamu harus patuhi poin ini

Rabu, 24 November 2021 | 14:40 WIB

Terpopuler

X