OJK dorong Bank akselerasi layanan digital, berbagai kebijakan digulirkan

Perkembangan teknologi digital rasanya mengubah hampir seluruh tatanan dalam masyarakat. Setiap layanan baik dalam pelayanan publik, layanan belanja, komunikasi, hingga pemerintahan dituntut untuk maju. OJK mendorong bank untuk akselerasi layanan digital dan menyesuaikan diri dengan perkembangan digital.

Itulah yang sedang berusaha OJK tekankan kepada perbankan di tanah air. Kesibukan masyarakat dan perkembangan teknologi menjadi tuntutan utama bagi bank untuk mengembangkan layanan perbankan digital guna mempermudah setiap sistem dan pelayanan. Tentu saja dengan begini akan tercipta kemudahan dan keharmonisan dalam sistem perbankan.

OJK terbitkan aturan baru

OJK dorong Bank akselerasi layanan digital dengan mengeluarkan POJK No.12/POJK.03/2021 mengenai Bank Umum. Dengan pembahasan mengenai aturan kelembagaan mulai dari  syarat pendirian bank baru, hingga pengaturan proses bisnis termasuk didalamnya adalah layanan digital atau pendirian bank digital.

Di dalam POJK No 13 tentang Penyelanggaraan Produk Bank Umum, pihak OJK akan mulai membuat pengaturan secara prinsipal sehingga nantinya saat bank akan menerbitkan produk digital tidak semuanya harus menunggu perizinan dari pihak OJK yang tentunya cukup memakan waktu dan tenaga. Contohnya, produk-produk yang sifatnya dasar. Sedangkan untuk kategori produk lanjutan OJK akan tetap melakukan product piloting.

Dikeluarkannya POJK yang baru bukan ditujukan untuk memberikan beban baru kepada perbankan kita. Melainkan memberikan motivasi kepada perbankan untuk berusaha keras dalam melakukan inovasi untuk mengakselerasi perbankan digitalnya.

Dikutip dari laman Antara.com, Heru Kristiyana menyampaikan bahwa percepatan akselerasi perbankan digital akan sangat bermanfaat dalam mendukung perkembangan pelayana perbankan di masa pandemi yang hingga kini masih belum tahu kapan berakhirnya.

Transformasi digital sangat diperlukan dalam sistem perbankan

OJK dorong Bank akselerasi layanan digital
Layanan digital perbankan. Foto: Pinterest

Sejatinya kebijakan OJK untuk mengakselerasi transformasi digital ini memberikan ruang yang cukup kepada pihak perbankan agar lebih inovatif dalam proses pelayanannya. Baik dalam hal menerbitkan produk, hingga melakukan pelayanan digital kepada masyarakat. Dengan diharapkan sama sekali tidak mengurangi aspek prudensial yang dijunjung tinggi dalam dunia perbankan.

Diharapkan dengan dukungan OJK dalam melakukan percepatan perizinan produk bank yang dilakukan melalui penyederhanaan klasifikasi produk dan penyelenggaraannya dapat mencipatakan level of playing field yang baik dalam industri perbankan. Diharapkan kedepannya hal ini juga dapat mendukung time to market bagi produk bank agar berkembang lebih cepat.

Bagaimana menurutmu dengan usaha perkembangan layanan digital yang sedang gencar dilakukan? Apakah akan sangat membantu dalam proses pelayanan perbankan? Atau justru akan menyulitkan mereka yang buta teknologi? Komen pendapatmu dibawah ya!

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button