Bisnika - Perusahaan penyedia layanan perparkiran Indonesia, PT Centrepark Citra Corpora (Centre Park) siap mengimplementasikan teknologi perparkiran generasi 4.0 untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan lahan parkir di area komersial, sekaligus meningkatkan kenyamanan pengguna.
“Masa depan perparkiran akan dibentuk oleh inovasi teknologi dan perubahan mobilitas. Karena itu sejak 2018 kami terus melakukan inovasi teknologi untuk mendorong pengelolaan perparkiran di Tanah Air semakin maju,” kata Chief Executive Officer Centrepark, Charles Oentemo, dalam keterangan yang diterima Bisnika, 29 Maret 2023.
Berdasarkan sejumlah kajian lembaga konsultan global, Charles melanjutkan, ke depan tren dalam industri parkir akan diwarnai dengan peningkatan penggunaan teknologi, optimalisasi ruang parkir, konsep ekonomi berbagi (sharing economy), pendekatan berbasis konsumen, fokus kepada keberlanjutan, dan peningkatan penggunaan kendaraan listrik.
Baca Juga: Mengenal affiliasi dan affiliate marketing untuk tambah penghasilan
Centrepark telah mengantisipasi perubahan tren itu dengan melakukan berbagai adaptasi menuju teknologi perparkiran generasi 4.0.
Beberapa contoh inovasi teknologi generasi terbaru yang dimiliki Centrepark, misalnya Traffic Dispatch System yang merupakan inovasi berbasis analisis preskriptif.
“Dengan sistem ini, manajemen lalu-lintas di area parkir area komersial dapat diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di pintu masuk dan keluar area parkir," ujarnya.
Baca Juga: 4 Tips mudik aman dan nyaman ala Bridgestone
Traffic Dispatch System, dalam implementasi berupa papan informasi tingkat kepadatan kendaraan di suatu area parkir.
Dengan adanya sistem ini, pengunjung akan diarahkan ke jalur masuk maupun keluar area parkir yang lebih kosong.
“Seringkali ada penumpukan antrean kendaraan di pintu parkir, sementara di pintu lainnya kosong. Dengan sistem ini, kenyamanan pengunjung akan semakin meningkat," katanya.
Baca Juga: Apa itu CSR? Ini pengertian, serta manfaatnya untuk masyarakat dan perusahaan
Pendekatan berbasis konsumen memang jadi salah satu pilar dalam teknologi perparkiran generasi 4.0.
Selain Traffic Dispatch System, Centrepark juga punya inovasi lain, yakni sistem pemesanan slot parkir (Quickbook) yang bisa dimanfaatkan konsumen, agar bisa mendapatkan tempat parkir sesuai keinginan mereka.