Pekerjaan yang tidak bisa digantikan robot, apakah profesimu salah satunya?

Perkembangan teknologi seerti pisau bermata dua bagi kita semua. Di satu sisi perkembangan ini membawa berbagai kemudahan yang membuat kita bisa melakukan segala sesuatu dengan lebih cepat dan efisien. Tapi disisi lain kita bisa kehilangan pekerjaan melalui teknologi seperti yang terjadi di masa revolusi industri. Pertanyaannya, apakah ada pekerjaan yang tidak bisa digantikan robot?

Tentu saja ada. Robot hanya sebuah teknologi. Mereka bisa bergerak secara otomatis dengan teknologi buatan, namun tetap memiliki berbagai keterbatasan. Mereka tidak bisa memiliki perasaan, tidak bisa mendidik, dan robot tetaplah robot. Tidak bisa menggantikan manusia dalam setiap pekerjaan.

Beberapa pekerjaan yang ke depannya mungkin bisa digantikan robot adalah kasir, asisten administrasi, penjaga buku, dan masih banyak lagi.

Apa saja pekerjaan yang tidak bisa digantikan robot?

Laporan Forum Ekonomi Dunia (WEF) memprediksikan bahwa dalam kurun waktu 5 tahun ke depan kamu bisa kehilangan beberapa pekerjaan yang kini menghidupimu. Bukan karena persaingan dengan manusia, namun kamu disingkirkan oleh teknologi.

Beberapa pekerjaan sederhana seperti kasir, pendata gaji, asisten administrasi, hingga penjaga buku beresiko menggantikan 85 juta pekerjaan dalam 5 tahun ke depan. Tapi, kabar baik jika kamu memiliki beberapa pekerjaan di bawah ini yakni pekerjaan yang tidak bisa digantikan robot. Setidaknya, dalam waktu dekat ini.

Pengendalian mutu (quality control)

Meskipun di bagian produksi teknologi dan robot akan sangat diperlukan untuk mempercepat dan memudahkan proses produksi, di bagian quality control perusahaan akan tetap membutuhkan manusia.

Pasalnya, bagian quality control sangat membutuhkan ketelitian dan keuletan tinggi yang tidak bisa digantikan robot.

Petani dan peternak

Petani dan peternak akan sangat membutuhkan robot dan teknologi otomatisasi dalam usahanya. Namun, robot tetap akan sulit untuk mengambil alih otomatisasi sepenuhnya. Karena peran manusia dalam sektor ini tetap masih dominan dan akan sangat dibutuhkan. Utamanya dalam proses pengendalian dan pemeliharaan.

Dokter dan perawat

Juru rawat lansia. Foto: Pinterest

Profesi pada sektor kesehatan seperti dokter dan perawat adalah salah satu profesi yang membutuhkan kontak fisik dan psikis yang tinggi dengan pasien. Karena itulah profesi ini akan sulit diambil alih sepenuhnya oleh robot.

Meski begitu kecerdasan buatan dan kemajuan teknologi akan sangat dibutuhkan untuk menunjang praktik dunia medis.

Juru masak

Robot mungkin bisa menciptakan takaran tertentu sesuai dengan seting yang sudah diatur. Namun, untuk melakukan setting ini bukankah peran manusia tetap akan dibutuhkan?

Belum lagi untuk menciptakan cita rasa dan resep unik baru robot tidak memiliki kreatifitas sebagaimana manusia.

Desainer grafis

Profesi yang membutuhkan imajinasi, kreativitas, dan ketelitian yang tinggi seperti desainer grafis akan sangat sulit untuk bisa diduplikasi oleh robot.

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button