Pelajari cara gunakan copywriting untuk bisnis supaya produk laris

Copywriting adalah teknik penulisan untuk mendapat perhatian dan respon pembaca. Dalam bisnis, copywriting sangat diperlukan karena bisa mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk.
Mungkin bagi orang awam, copywriting tampak sulit untuk digunakan. Padahal, jika mengerti konsepnya, copywriting akan mudah digunakan untuk melancarkan bisnis. Berikut cara gunakan copywriting untuk bisnis.

Sesuaikan dengan keinginan pelanggan (Desire)

Cara gunakan copywriting untuk bisnis pada tahap ini adalah menunjukkan manfaat produk kamu melalui kata-kata. Dengan menunjukkan manfaat produk yang sesuai dengan apa yang diinginkan pelanggan, produk kamu menjadi salah satu yang mereka minati.

Tunjukkan daya pikat (Attention)

Tulisan untuk mempromosikan produk kepada pelanggan haruslah menunjukkan sesuatu yang menarik, sehingga bisa memikat perhatian pelanggan. Daya pikat ini yang akan membuat pelanggan penasaran dan merasa bahwa produkmu pantas untuk dibeli.
Yang paling mudah memikat pelanggan adalah berdasarkan judul dan gambar. Buat judul menarik seperti “Headphone Super Ngebass” atau “Kacamata Radiasi Frame Lentur Tidak Mudah Patah”. Pilih juga gambar yang menunjukkan produk dari segi atau sudut yang paling menarik, yang menunjukkan produkmu memiliki kualitas tinggi.

Tulis definisi yang menarik (Interest)

Copywriting. Foto: Instagram

Definisi ini memiliki tujuan yang sama dengan poin sebelumnya. Namun, tahap ini dilakukan pada bagian isi atau keterangan produk. Jelaskan produk berdasarkan fakta unik atau studi kasus. Penjelasan tersebut selain menambah pengetahuan pelanggan juga menjadi pertimbangan karena adanya studi kasus yang telah terbukti.
Selain itu, jelaskan juga alasan pelanggan harus menggunakan produk ini dengan cara menunjukkan keunggulan, manfaat untuk pelanggan, harga yang lebih terjangkau dari produk lainnya, stok terbatas, atau sedang dalam masa promo.

Tips membuat pelanggan bertindak (Action)

Sebuah copywriting bisa membuat pelanggan lekas membeli produkmu. Bagaimana cara membuat pelanggan membeli produk sesegera mungkin hanya dengan tulisan? Gunakan kata-kata seperti “stok terbatas”, “promo hanya untuk hari ini”, “harga terjangkau”, “produk murni”.
Selain itu, berikan tombol atau link toko maupun kontak tokomu agar pelanggan mengakses produkmu dengan mudah, sehingga lekas membeli tanpa harus membuat pelanggan mencari-cari dan berpikir lebih panjang lagi.

Copywriting berbentuk susunan kata yang menjadikan sebuah kalimat lebih menarik persepsi pelanggan. Teknik penulisan ini cukup sederhana. Temukan terlebih dahulu apa tujuan kalimatmu, baru susun kata demi kata menggunakan kata kunci yang tepat.


Kamu bisa berlatih cara gunakan copywriting untuk bisnis di buku catatan, kemudian baru dipromosikan ke media sosial, tempat paling mudah untuk berbagi.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button