Penting bagi UMKM! Jangan mencampur uang bisnis dan pribadi

Meski selalu ditekankan dalam bisnis bahwa tidak boleh mencampur uang bisnis dan pribadi, namun tetap saja masih ada small business yang melakukannya. Utamanya adalah di kalangan UMKM atau pebisnis skala kecil hingga menengah.

Memisahkan keuangan bisnis dan pribadi adalah hal penting yang tidak boleh disepelekan. “Toh kan bisnis-bisnis saya sendiri”. Bukan seperti itu. Pemisahan dana ini sangat penting jika kamu ingin mengembangkan bisnis ke taraf yang lebih baik. Mau tahu alasannya mengapa kamu tidak boleh mencampur uang bisnis dan pribadi? Simak artikelnya!

Lebih mudah atur pajak

Ilustrasi pajak. Foto: Pinterest

Bisnis skala menengah yang berkembang biasanya akan diincar oleh pegawai pajak. Sebagai warga negara, pajak memang menjadi suatu hal yang tidak boleh disepelekan dan harus ditunaikan.

Urusan pajak akan lebih mudah dan terlacak dengan baik jika kamu memisahkan keuangan antara bisnis dan pribadi. Dengan begini kamu bisa menyetorkan dana bisnis yang benar dan tepat mulai dari omset hingga laba bersih dalam rangka penghitungan kewajiban pajak.

Lebih mudah mengelola dana pinjaman

Dalam dunia bisnis mengambil pinjaman demi kelangsungan bisnis bukan lah hal yang asing. Cara ini snagat akrab dilakukan bahkan untuk perusahaan besar sekalipun.

Sayangnya, untuk pelaku bisnis menengah mereka seringkali tergiur dengan dana pinjaman sehingga memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi. Akibatnya, proses pengembangan bisnis kurang optimal akibat keterbatasan dana.

Lebih efisien

Percayalah, dengan memisah keuangan kamu akan mendapatkan kemudahan sehingga membuat berbagai hal menjadi efisien. Baik itu dari segi waktu maupun dalam soal biaya. Karene pencatatan dan pergerakan uang bisa diketahui secara lebih detail, seluruh aktivitas keuangan bisnis akan mudah terdeteksi. Baik itu untuk kegiatan operasional, pembayaran utang, dan dalam rangka mengatur biaya promosi.

Mudah mengecek keuntungan

Hal terpenting dalam pemisahan keuangan adalah dalam rangka penghitungan profit bisnis. Profit bisnis tidak akan terlihat dengan tepat jika kamu mencampur adukkan keuangan pribadi dan bisnis.

Melalui pemisahan ini, kamu bisa menghitung dengan baik seberapa besar profit yang didapatkan sehingga dalam jangka waktu kedepannya kamu dapat membuat keputusan yang tepat dalam mengatur strategi bisnis maupun saat akan melakukan ekspansi bisnis.

Setelah mengetahui alasan diatas, apakah kamu masih berfikir untuk tidak memisahkan keuangan pribadi dan bisnis? Mengapa? Untuk lebih memudahkan urusan keuangan bisnis dan plottingnya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi keuangan digital. tertarik mencoba?

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button