Penting diketahui sebelum melakukan pinjaman online, jangan asal pinjam!

Kemudahan yang ditawarkan aplikasi pinjaman online dengan mencairkan dana dalam waktu cepat membuat banyak orang tergiur. Tapi pastikan sebelum melakukan pinjaman online kamu mempelajari sistem dan kinerjanya. Berikut adalah hal penting diketahui sebelum melakukan pinjaman online.

Jangan sepelekan, penting diketahui sebelum melakukan pinjaman online

Pastikan aplikasi pinjaman online terdaftar dalam OJK

Penting diketahui sebelum melakukan pinjaman
Otoritas Jasa Keuangan. Foto: Pinterest

Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online, ada baiknya kamu memilih aplikasi yang paling aman. Caranya? Tentu saja pilih apliasi yang sudah mengantongi izin dari OJK. Pasalnya, diluaran saja terdapat banyak aplikasi pinjol illegal yang sangat membahayakan.

Jika kamu melakukan pinjaman di fintech yang sudah memiliki izin dari OJK, maka resiko seperti bocornya data pribadi, dan resiko keamanan lain bisa diminimalisir.

(Baca juga : Fintech lending menjamur, kenali yang legal Vs ilegal)

Pahami suku bunga dan biaya administrasi penagihan

Mendapatkan dana dengan mudah tanpa jaminan dan cepat cair adalah hal positif yang bisa kamu dapatkan dari pinjol. Tapi, ada harga yang harus kamu bayar yakni biaya bunga yang relatif tinggi.

Karena itu lah sebelum melakukan pinjaman online sebaiknya kamu memperhatikan berapa dana yang akan kamu pinjam dan berapa dana yang akan kamu kembalikan nantinya.

Masalahnya sering kali nasabah terburu-buru untuk mendapatkan dana sehingga tidak teliti dengan bunga pinjaman yang cukup tinggi. Akhirnya, mereka akan keberatan membayar pinjaman.

Selain bunga yang tinggi, pinjol juga akan menerapkan denda pada pembayaran yang sudah lewat jatuh tempo. Denda yang ditetapkan akan berbeda tergantung pada fintech yang bersangkutan.

Tentu saja denda dimaksudkan agar pelaku pinjaman bisa membayar pinjaman tepat waktu dan tidak mengingkari kontrak.

Ukur kemampuan pembayaran

Setelah mengetahui jumlah bunga dan denda yang akan diberikan saat pembayaran angsuran terlambat, kamu harus bisa mengukur kemampuanmu.

Apakah kamu mampu membayar sejumlah cicilan dengan bunga yang diberikan? Apakah kamu yakin bisa membayar tepat waktu untuk menghindari denda saat pembayaran terlambat?

Jika tidak bisa, sebaiknya lupakan. Jangan lakukan pinjaman online karena jika kabur, maka data pribadimu bisa disebarkan dan kontak yang ada dalam handphonemu akan dihubungi.

Jangan melakukan pinjol jika masih ada pilihan lain

Lakukanlah pinjaman online hanya saat kamu benar-benar dalam keadaan terdesak. Untuk membayar rumah sakit atau biaya pendidikan misalnya. Jika masih ada alternatif lain selain pinjaman online, sebaiknya pilih alternatif lainnya.

Jangan gunakan dana pinjol untuk membeli barang-barang konsumtif karena kamu akan merugi. Membeli barang-barang konsumtif dengan dana pinjaman bunga tinggi hanya akan merugikanmu karena kamu akan terjerat cicilan yang cukup besar.

Maka jika tak terpaksa, jangan gunakan pinjaman online. Jika mau meminjam juga, pastikan itu untuk kebutuhan produktif, serta pastikan hasil produksi yang didapat harus dapat melebihi suku bunga pinjolnya. Jika tidak? Lupakan saja. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button