Pentingnya digital marketing dalam berbisnis

Digital marketing adalah suatu usaha pemasaran dengan tujuan untuk mempromosikan sebuah merk atau usaha dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara luas. Tipe pemasaran dalam digital marketing pun bermacam – macam mulai dari Search Engine Optimization (SEO), Pay per Click (PPC), Google Ads, Fb Ads, dan masih banyak lagi. Lalu, Bagaimanakah pentingnya digital marketing dalam pemasaran bisnis dewasa ini?

Lantas seberapa pentingnya digital marketing dalam berbisnis?

Digital marketing. Foto: Pinterest

Bisnis dituntut untuk mendapatkan keuntungan sebesar – besarnya. Keuntungan tersebut dapat dihasilkan diimbangi dengan strategi marketing yang baik. Strategi marketing yang baik yaitu dapat menjangkau konsumen secara luas sehingga produk dapat cepat dikenal banyak orang.

Di zaman yang serba digital, masyarakat dan pelaku bisnis pun dituntut untuk menguasai pemasaran secara digital pula. Tujuannya agar waktu yang digunakan lebih efisien dan hasilnya dapat maksimal. Adapun beberapa manfaat penerapan digital marketing dalam berbisnis, sebagai berikut:

Meminimalisir biaya promosi

Promosi merupakan faktor utama luasnya jangkauan pasar. Promosi pun dapat dilakukan secara gratis atau berbayar, akan tetapi jika kamu ingin maksimal dalam melakukan promosi maka dengan promosi yang berbayar dapat kamu pilih. Meski begitu, kamu juga dapat menghemat biaya untuk brosur, spanduk, baliho yang belum tentu dapat menarik para pelanggan.

Pentingnya digital marketing dalam berbisnis : Memaksimalkan jangkauan

Fungsi dari digital marketing sendiri yaitu dapat menjangkau konsumen secara luas. Kamu bisa memasarkan produk kamu sesuai kriteria yang kamu tentukan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memasarkan produk yang kamu jual hingga ke berbagai negara dengan menggunakan media marketing digital. Feedback atau respon dari jangkauan yang telah anda promosikan pun dapat dipantau, sehingga apabila promosi belum mencapai target kamu bisa mengevaluasinya kembali. Selain itu, digital marketing merupakan strategi promosi yang efektif karena milenial zaman sekarang pun lebih menyukai sesuai yang berbau digital.

Evaluasi secara cepat, tepat, dan efektif

Pratik digital marketing yang sesuai akan membantu kamu untuk mendapatkan data yang akurat terkait pelanggan dan hal – hal yang berhubungan dengan pelanggan. Kamu juga bisa melakukan analisis mengenai kebiasaan para pelanggan, produk yang digemari dari media digital mereka. Data tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi kelebihan dan kekurangan dari setiap pelanggan yang kamu temui sehingga kamu dapat menerapkan digital marketing secara maksimal.

Demikian beberapa manfaat kenapa kamu harus menggunakan digital marketing dalam berbisnis.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button