Pentingnya konten marketing sebagai optimalisasi pemasaran

Di era digital pemasaran menggunakan konten marketing adalah hal yang umum. Saat ini konten marketing merupakan salah satu cara pemasaran yang dinilai paling efektif dan membuahkan hasil. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang optimal diperlukan kombinasi dengan marketing mix lainnya seperti place, price, product, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya konten marketing sebagai optimalisasi pemasaran.

Dapat menyajikan pesan dengan bentuk beragam

Pentingnya konten marketing
Pentingnya konten marketing. Foto: Pinterest

Dengan memanfaatkan pemasaran konten marketing, pelaku usaha dapat melakukan komunikasi hingga 50 konten unik tiap bulan. Berbeda dengan campaign konvensional misalnya iklan banner yang hanya bisa menyampaikan 5 pesan saja.

Artinya, ketika pelaku usaha memutuskan membuat konten marketing berarti peluang mereka untuk menjangkau konsumen dan menyampaikan pesan akan lebih beragam dan lebih tersasar kepada target.

Performa iklan lebih terukur

Marketing mellaui media konvensional cenderung tidak bisa mengukur hasil yang maksimal. Ini tentang seberapa banyak viewers atau reader yang terjangkau melalui iklan yang ditampilkan.

Berbeda dengan konten marketing melalui platform media sosial yang mana performa iklannya dapat terukur dengan jelas pada tiap tahapannya. Seberapa banyak viewers, readers, dan bagaimana tanggapan konsumen terhadap konten yang ditampilkan.

Selain itu optimalisasi media digital oleh berbagai platform saat ini telah membantu pelaku usaha untuk mengukur seberapa efektif hasil iklan. Contohnya iklan di instagram yang kini bisa menampilkan kunjungan pelanggan, bagaimana reaksi pelanggan, hingga konversinya.

Hemat biaya iklan

Konten marketing sangat membantu pelaku usaha untuk menghemat biaya iklan. Dibandingkan iklan yang ditampilkan di televisi, iklan melalui platform media sosial cenderung lebih murah dan bersahabat.

Saat ini setiap pelaku usaha baik perusahaan maupun UMKM memiliki peluang yang sama untuk beriklan di platform manapun yang diinginkan. Tentunya dengan biaya yang sesuai dengan budget iklan masing-masing pelaku usaha.

Pendapatan per unit lebih besar

Content marketing sangat membantu pengelola usaha untuk mendapatkan pendapatan per unit yang lebih tinggi. Pendapatan per unit ini diukur dari total pendapatan dibagi dengan banyaknya customer yang melakukan pembelian. Rumus ini biasa disebut sebagai average revenue per user (ARPU).

Tercatat penggunaan konten marketing bisa meningkatkan pendapatan per unit oleh sebuah brand hingga 2,5 kali lebih tinggi. Alasannya adalah konten marketing memiliki peran untuk memicu audience mengunjungi situs brand, dan menarik mereka untuk melakukan pembelian.

Lebih menarik dan tidak membosankan

Bayangkan saja jika hingga saat ini belum berkembang digital marketing dan konten marketing. Iklan hanya ditampilkan melalui televisi, media cetak, dan baliho. Mungkin perkembangan iklan dan produk tidak akan secepat ini.

Melalui konten marketing iklan yang ditampilkan akan lebih menarik, sehingga menarik minat dan perhatian viewers. Dengan begini iklan tidak akan di skip karena dianggap mengganggu.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT) https://bisnika.hops.id/

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button