Pentingnya User Generated Content untuk menggaet konsumen

Sebagai seorang pelaku digital marketing kamu harus memahami strategi User Generated Content. Kamu pasti pernah melihat konten digital marketing yang menampilkan foto atau review dari pengguna lain bukan? Nah, ini lah yang dinamakan UGC atau User Generated Content. Tapi apa sih pentingnya User Generated Content?

User Generated Content bisa dikatakan sebagai gambaran bagi calon konsumen tentang bagaimana produkmu saat digunakan oleh orang lain. Dengan review ini tentu saja calon konsumen bisa menentukan apakah harus membeli produk atau jasamu atau tidak.

Seberapa pentingnya User Generated Content bagi brand?

Baik brand lama maupun brand baru User Generated Content sebenarnya akan sangat dibutuhkan. Namun, penggunaan User Generated Content biasanya akan lebih dibutuhkan oleh brand baru. Atau, brand lama yang sedang meluncurkan produk baru.

Pada brand baru, strategi User Generated Content biasanya difokuskan untuk memperkenalkan brand dan produk kepada khalayak. Sehingga audiens akan termindset bahwa produk yang ditampilkan bagus dan layak dicoba. Tidak kalah dengan barang ternama yang biasa dipakai.

Sedangkan untuk brand lama, mereka lebih fokus untuk memperkenalkan produk barunya agar mendapatkan perhatian yang tidak kalah besarnya dibandingkan produk sebelumnya.

User Generated Content sebagai strategi meningkatkan kepercayaan konsumen

Pentingnya User Generated Content
User Generated Content. Foto: Pinterest

Ketika ingin mencoba sebuah produk barang atau jasa, seringkali konsumen merasa “ragu”. Ingin mencoba namun takut produk tidak sesuai dengan yang dibayangkan sehingga dana yang dikeluarkan akan sia-sia.

Dengan menggunakan strategi User Generated Content, konsumen bisa mengetahui review dari pengguna lain lebih awal. Review bagus atau buruknya produk nantinya akan menjadi pertimbangan konsumen akankah membelinya atau tidak sama sekali.

Strategi ini cukup ampuh untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk barang atau jasa. Terlebih jika review diberikan oleh pengguna produk “asli”. Artinya bukan selebgram atau artis yang sedang melakukan endors.

Mengapa User Generated Content melalui endors kurang dipercaya?

Sebagai konsumen tentunya kita menginginkan review yang benar-benar jujur dari pengguna produk sebelumnya. Pada artis atau selebgram tentu saja mau tidak mau mereka harus memberikan review positif. Banyak terjadi juga ternyata produk yang direview bagus oleh selebgram atau artis ternyata aslinya tidak sebagus itu.

Di sisi lain, pengenalan produk melalui UGC di artis atau selebgram akan lebih mendapatkan banyak perhatian konsumen. Lalu bagaimana agar UGC lewat artis dan selebgram dapat menarik perhatian konsumen?

Request pada selebgram atau artis untuk menggunakan produkmu. Kemudian minta melakukan review dan memberikan perbandingan yang positif. Antara menggunakan produkmu atau tidak. Atau, menggunakan produkmu dibandingkan produk pesaing.

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button