Perbedaan cara transfer uang zaman dulu vs zaman now. Sudah tahu belum?

Perkembangan teknologi yang saat ini begitu canggih seakan membius kita dan membuat setiap penikmatnya terlena. Salah satu pemanfaatan perkembangan teknologi ini adalah dalam hal mengirim uang. Sangat diakui bahwa proses transfer uang zaman dulu vs zaman now sangat berbeda. Tentunya, proses transfer uang di masa kini sangat modern, canggih, cepat, dan efektif. Sangat berbeda dengan pengiriman uang di masa lampau yang begitu ribet, lama, dan tidak praktis.

Mau tahu apa saja perbedaan cara transfer uang zaman dulu vs zaman now? Simak artikelnya dan kembali bernostalgia.

Zaman dulu kirim uang lewat surat

Kirim uang lewat kantor pos. Foto: Pinterest

Keterbatasan teknologi di zaman dulu membuat orang-orang begitu kesusahan mengirimkan uang. Dulunya media pengiriman masih sangat mendalkan Kantor Pos. Dimana mereka yang berkepentingan mengirimkan uang dengan cara diselipkan uangnya ke dalam surat, dan dikirimnya melalui Kantor Pos sebagai satu-satunya perantara pengiriman paling terpercaya dan aman saat itu.

Bagi kamu pekerja luar negri zaman dulu atau sekedar perantauan dalam negri tentu saja masih ingat cara primitif ini bukan?

Wesel Pos

Selain lewat surat, penggunaan Wesel Pos sebagai media pengiriman uang zaman dulu sering dimanfaatkan. Selain cenderung lebih cepat, aman, dan tepat, media Wesel Pos juga bisa mengirimankan dana secara nasional maupun internasional. Utamanya untuk daerah-daerah yang saat ini belum terjamah perbankan maupun teknologi.

ATM

Meski belum terlalu akrab di masyarakat, zaman dulu ATM sebenarnya sudah cukup berkembang. Namun hanya terbatas di daerah-daerah perkotaan dengan perkembangan teknologi tinggi. Saat itu pertamakali ATM diperkenalkan di Indonesia adalah di tahu 1987.

Hingga kini penggunaan ATM memang masih banyak digunakan untuk proses kirim mengirim uang. Namun perkembangan m-banking, internet banking, hingga dompet digital dalam rangka kirim mengirim uang membuat penggunaan ATM semakin ditinggalkan.

Saat ini kirim uang bisa dari ATM maupun dompet digital

Perkembangan teknologi membuat opsi transfer uang sekarang menjadi lebih mudah dan banyak. Bukan hanya melalui perbankan saja, saat ini transfer uang juga bisa dilakukan melalui finansial teknologi atau fintech.

Sama hal nya dengan ATM, fintech melalui dompet digital berfungsi sebagai media pembayaran sekaligus penyimpanan dana. Bedanya, dibandingkan ATM penggunaan fintech sebagai media penyimpanan dan transfer dana cenderung lebih mudah, praktis, dan murah.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button