Perempuan Tionghoa selamatkan bisnis keluarga di masa pandemi

Ninna Tjokro, sosok perempuan tangguh ini berusaha menyelamatkan bisnis keluarga yang berada di ambang kebangkrutan. Inovasinya berhasil mempertahankan bisnis keluarganya yang sudah berdiri bertahun-tahun hingga melewati masa krisis pandemi Covid-19. Bagaimana perempuan Tionghoa ini berhasil selamatkan bisnis keluarganya ? Simak artikelnya di bawah ini.

Tak banyak kaum muda yang rela melepaskan karir dan pekerjaannya di perkantoran atau perusahaan start-up yang populer saat ini. Tinggal menerima gaji setiap bulan menjadi salah satu impian banyak orang pada umumnya untuk membuat kehidupannya aman. Namun tidak dengan Ninna yang tanpa ragu-ragu keluar dari cara hidup demikian hanya untuk mengurus bisnis keluarganya yang tak begitu besar.

Bisnis keluarga Ninna Tjokro

Toko yang menjadi saksi dan bukti usaha keluarga Ninna adalah toko Tiga Mesin Jahit yang berada di Jalan Perniagaan, kawasan Jakarta Barat. Tempat ini pada tempu lalu dikenal sebagai pemukiman Tionghoa.

Pendiri toko ini adalah kakek Ninna yang disebut-sebut Akong.

Ninna tumbuh besar dengan menyaksikan perjuangan ayahnya membesarkan toko tersebut.

Ninna Tjokro yang mulai beranjak dewasa mengenyam pendidikan tinggi di Malaysia bidang perhotelan.

Karena ia anak pertama di keluarganya, orang tua memberikan tanggung jawab meneruskan usaha toko itu kepada Ninna. Tanggung jawab itu akhirnya diterima oleh perempuan Tionghoa cantik ini. Ia siap banting setir.

Meneruskan usaha keluarga tak melulu lurus dan mudah dilakukan. Toko milik keluarga Ninna selalu berusaha bersaing dengan kompetitor-kompetitor yang menjual barang serupa. Tak hanya itu, berbagai kejadian yang menimpa toko ini juga menjadi sejarah perjalanan bagaimana toko ini tak semudah itu berdiri dan bertahan.

Hingga akhirnya toko dialihkan kepengurusannya kepada Ninna dengan dibantu adiknya.

Inovasi Ninna pertahankan toko keluarga

Memasuki masa pandemi Covid-19 kondisi toko mesin jahit milik keluarga Ninna kembali miris. Akhirnya ia membuat inovasi dengan memasukkan sistem daring ke dalam bisnis tokonya.

https://www.instagram.com/p/BZ8IzGglb24/?igshid=1jtrfclkfckid
Toko Tiga mesin jahit. Foto : Instagram

Tidak hanya itu, ia juga mencoba menjangkau lebih banyak anak muda dengan membuat tutorial penggunaan menjahit di Youtube. Jadi selain mengembangkan usaha keluarganya , ia juga membuka edukasi terkait biang usaha tersebut yaitu bidang menjahit. Sasarannya adalah penjahit-penjahit Indonesia dan para pemula yang hendak belajar menjahit.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button