Perjalanan Sosrodjojo dalam merintis bisnis teh botol Sosro!

Siapa sih yang nggak tau produk teh botol Sosro? Pastinya produk ini sudah tidak asing lagi bagi kalian. Biasanya, produk ini bisa kamu temui di acara resepsi, syukuran, khajatan, acara rapat ataupun acara-acara lain yang bersifat formal ataupun non formal. Lalu, taukah kamu siapa yang menemukan produk teh botol Sosro ini? Ya Sosrodjojo lah penemunya.

Awal mula penemuan teh botol Sosro

Pemberian nama teh botol Sosro ini diambil dari nama beliau sendiri yaitu Sosrodjojo. Usaha minuman ini berawal dari Sosrodjojo menjual teh racikannya sendiri di daerah Siawi, Jawa Tengah. Beliau menjajakan teh racikannya itu dari desa ke desa wilayahnya. Nah, tak sampai menjajakan teh racikannya diwilayahnya itu, Sosrodjojo melebarkan sayapnya untuk mengembangkan usaha tehnya ke Ibukota Jakarta. Ia memutuskan untuk menjajakan teh nya di Jakarta dengan harapan mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Jatuh bangun Sosrodjojo mengembangkan tehnya

Percaya atau tidak, dalam mengembangkan produk minuman ini ke Jakart, tidak semulus yang diharapkan. Sosrodjojo banyak mengalami jatuh bangun saat mengembangkan produknya itu. Sosrodjojo menjajakan tehnya di ibukota ini dengan cara meracik teh langsung di depan pelanggan setelah itu baru pelanggan bisa menikmatinya. Tentunya, hal ini memakan banyak waktu pelanggan karena pembuatannya terlalu lama. Sehingga banyak pelanggan yang protes karena penjualan teh Sosrodjojo tidaklah efektif.

Dengan adanya kritik dari pelanggan, Sosrodjojo tidak menyerah dan tidak ambil hati. Beliau memutar otak untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Dia mulai membuat teh dari rumah terlebih dulu, lalu memasukannya kedalam baskom besar untuk dibawa ke pasar dan baru menjajakannya kepada pelanggan.

Tak cukup sampai disitu, ternyata terdapat masalah lagi yang dialami oleh Sosrodjojo ini. Baskom besar yang berisi teh yang dibawa menggunakan mobil bak untuk dijajakan dipasar ini ternyata tumpah karena jalan yang berliku saat menuju pasar. Dengan dihadapkan masalah dan kerugian besar yang dialaminya itu, Sosrodjojo tetap bersabar dan tidak menyerah begitu saja.

Sosrodjojo memutar otaknya lagi untuk membuat kemasan yang simpel untuk teh racikannya itu. Sampai pada akhirnya, beliau menemukan solusi dan memutuskan untuk menyajikan teh racikannya itu ke dalam botol-botol bekas limun yang sudah dicuci bersih.

Nah, dengan adanya kemasan teh yang simpel ini, banyak masyarakat yang menerima dan menyukainya. Karena penyajian teh dalam botol ini, Sosrodjojo menyebut teh racikannya dengan sebutan teh botol sosro. Dari waktu ke waktu, peminat dari teh botol ini semakin banyak dan pada akhirnya bisnis teh botol sosro ini telah sukses dan telah dikenal oleh banyak orang.

“Apapun makanannya minumnya teh botol sosro” begitulah iklan yang sering kamu dengar di berbagai macam kanal di Indonesia.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button