Perlengkapan aquascape pemula bagi yang ingin buka bisnisnya

Tren memelihara aquascape di rumah semakin meningkat. Bisnis tersebut memerlukan sejumlah perlengkapan aquascape pemula sampai tingkatan mahir. Namun dalam artikel saat ini akan dibahas mengenai perlengkapan yang diperlukan oleh pemula. Apa saja perlengkapannya langsung bisa kamu simak.

Aquascape. Foto: Instagram

Wadah

Tangki atau wadah khusus untuk membuat aquascape merupakan perlengkapan yang paling mendasar. Mustahil untuk membuat aquascape bila tidak ada tangki kaca. Bahan alternatif selain kaca berupa akrilik dapat menjadi pilihan kamu. Ukuran dari tangki tersebut paling tidak harus 60 cm. Semakin besar maka semakin baik dan bisa memberikan panorama yang banyak sekali variasinya. Pada tingkatan pemula disarankan untuk menggunakan tangki yang kecil dahulu.

Perlengkapan aquascape pemula, Pupuk

Komponen lainnya yang perlu dipersiapkan bagi orang yang membuka bisnis aquascape atau tingkatan pemula adalah pupuk. Pupuk akan berfungsi sebagai substrat tempat tumbuhnya tanaman. Kandungan nutrisi yang ada di dalam tubuh juga menjadi sumber makanan dari tanaman yang dipelihara dalam aquascape. Beberapa nama brand pasir yang sudah diberi tambahan nutrisi adalah Soil Angke, JBL Soil, Amazonia oil dan ADAsoil. Proses pemberian pupuk ini harus dilakukan secara berkala misalkan seminggu sekali, sehingga para pebisnis harus menyediakan pupuk dalam jumlah yang cukup.

Tanaman air

Tanaman air yang dipakai untuk menjadi hiasan dalam aquascape itu khusus. Beberapa jenis yang sering dipakai berupa Moss, rhizoma, tanaman karpet, ataupun Stemplant. Tanaman air ini ada juga yang bentuknya besar dan biasa diletakkan di bagian tengah ataupun pojok-pojok tergantung dari jenis pemandangan aquascape yang diinginkan. Beberapa jenis tanaman yang dimaksud berupa pakis lidah, hydrophila difformis, dan lain-lain. Jika kamu menginginkan pertumbuhan yang cepat dari tanaman tertentu, maka orang yang berniat menjalankan bisnis ini harus mempelajarinya lebih dalam satu persatu.

Hewan air tawar

Aquascape menggunakan ekosistem air tawar. Misalkan saja berupa udang hias, keong, dan ikan hias. Semua hewan air tawar tersebut dapat mengkonsumsi alga yang tumbuh secara alami di dalam aquascape. Mengenai rincian lebih jelasnya seorang pebisnis juga harus bisa menjelaskan kepada konsumen. Pengetahuan ini adalah yang paling mendasar tentang dunia aquascape bagi orang yang berminat membuka bisnis tersebut.

Perlengkapan aquascape pemula, Filter

Aquascape meskipun dirancang untuk meniru ekosistem asli, tetap perlu filter. Filter akan membantu air tawar tetap dalam kondisi jernih. Air yang jernih akan berpengaruh terhadap kualitas hidup dari hewan yang ada di dalam akuarium. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button