Perusahaan teknologi terbesar di dunia bisa bangkrut akibat aturan ini

Kita semua mengerti ada empat perusahaan teknologi terbesar di dunia, seperti Amazon, Google, Facebook, dan Apple. Sayangnya keempatnya tengah menghadapi terpaan peraturan yang dibuat oleh peraturan dari pembuat hukum di Amerika Serikat. Peraturan yang baru memaksa adanya perubahan besar terhadap bisnis mereka. Sasaran dari peraturan mengarah pada dominasi perekonomian dari keempat perusahaan teknologi. Apabila sampai direalisasikan, maka peraturan yang baru bisa mengubah cara kerja bisnis yang telah dijalankan oleh keempat perusahaan di Silicon Valley. Hampir semua pemberitaan seperti CNN, BBC, dan The Wall Street Journal memberitakan hal ini.

aerial view of city during nighttime
Silicon Valley. Foto: Unsplash

Apa saja perubahan yang mungkin terjadi pada perusahaan teknologi terbesar?

Peraturan yang dipaksakan dapat membuat Google berhenti mempromosikan Youtube yang notabene milik Google di dalam hasil pencarian mesinnya. Padahal selama ini setiap kali kamu mengetik suatu informasi, maka yang paling pertama muncul adalah video yang berkaitan dengan kebutuhan konsumen. Tentunya pengubahan peraturan akan membuat profesi Youtuber lebih struggle dalam mencari penonton. Pemaksaan aturan yang dilakukan terhadap Amazon dapat membuat tidak lagi bisa menjual dengan menampilkan daftar dari penjual pihak ketiga. Tentunya konsumen jadi akan kehilangan momen mendapatkan informasi lengkap dari barang yang mereka perlukan. Tidak akan lagi bisa mengetahui perbandingan harga antara produk yang dijual melalui Amazon dengan yang dijual oleh pihak ketiga. 

Pembatasan peraturan yang diterapkan kepada Apple dapat berupa pelonggaran terhadap pembatasan dan pengembangan aplikasi iOS. Dampak terhadap pelonggaran tersebut bisa membuat Apple menjadi semakin tidak aman dari serangan siber yang makin marak akhir-akhir ini. Kamu yang menggunakan Smartphone Android pasti sangat paham kalau sekarang semakin banyak virus yang bisa merusak aplikasi. Dampak negatif dari pelonggaran bisa berujung demikian. Walaupun memang Android jugs terus mengupdate versi terbaru yang semakin kebal atas serangan siber. Sedangkan pemaksaan pemberlakuan peraturan terhadap Facebook dapat berdampak pada larangan akuisisi terhadap perusahaan yang baru lahir dan berkembang. Kamu tahu sendiri dari track record bahwa Facebook membeli Whats App yang di masa depan berpotensi lebih unggul dari perusahaannya.

Jika banyak kerugian, apa tujuan pembuatan RUU tersebut?

Setiap dari peraturan yang dibuat berintikan kekhawatiran pemerintah terhadap perkembangan raksasa teknologi. Bukannya tidak mungkin raksasa teknologi dapat mengendalikan beberapa lini bisnis guna mendukung seluruh produk mereka sendiri. Ini berguna untuk menekan persaingan dan  menutup kemungkinan terjadinya perpecahan perusahaan bagi pihak yang tidak mematuhinya. Meskipun dalam penagihan peraturan tidak menyebutkan nama suatu perusahaan, tetapi semua sudah paham maksudnya. Namun keempat perusahaan teknologi terbesar belum mau menanggapi apapun terkait isu tersebut.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button