Prospek kerja lulusan desain grafis, bisa jadi apa sih?

Bukan hanya kuliah kedokteran, ekonomi, dan keguruan yang menjadi beberapa fakultas paling diminati di Indonesia. Saat ini jurusan desain grafis juga menambah daftar jurusan yang cukup banyak diminati. Selain dianggap menarik, banyak orang menganggap prospek kerja lulusan desain grafis cukup luas.

Ya, seorang desain grafis memiliki kemampuan utama melakukan editing. Baik foto, video, dan lain sebagainya. Tidak banyak orang yang bisa melakukan ini dengan baik. Dibutuhkan ketekunan, inovasi, dan kreatifitas yang tinggi.

Nah, bagi kalian yang ingin tahu apa saja sih prospek kerja lulusan desain grafis? Bisnika.com telah merangkumnya melalui artikel berikut ini!

Divisi kreatif di advertising agency

Profesi pertama yang kami rekomendasikan bagi lulusan desain grafis adalah sebagai divisi kreatif di advertising agency. Untuk bekerja di posisi ini perusahaan membutuhkan individu yang aktif, kreatif, dan dinamis dan tentunya memiliki kemampuan unggul dam bidang desain grafis.

Beberapa tugas yang nantinya akan menantimu jika bekerja di posisi ini adalah membuat konten visual yang menarik. Tentunya bukan hanya menarik untukmu, namun juga menarik dan cantik sesuai dengan selera klien.

Beberapa perusahaan yang memiliki divisi kreatif di advertising agency adalah Ogilvy Indonesia dan Y&R Indonesia. Berminat bekerja di sana?

Desainer grafis di branding agency

Branding agency sangat membutuhkan karyawan yang memiliki kreatifitas tinggi dan memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis. Disamping menguasai teknik desain grafis, perusahaan juga akan menuntutmu memiliki kemampuan dan strategi branding.

Jika bekerja di perusahaan ini kamu akan dituntut membuat logo, brand identity, hingga tampilan visual lain yang lakukan ini?

Desainer grafis di perusahaan media massa

Perusahaan media massa membutuhkan seorang desainer grafis? Ya, tentu saja. Tidak seperti yang kamu fikirkan, seorang desainer grafis memiliki kesempatan kerja yang cukup luas. Utamanya di perusahaan media masa, aspek visual juga cukup penting untuk menunjang informasi yang hendak disampaikan.

Komikus

Prospek kerja lulusan desain grafis
Komikus. Foto: Pinterest

Menjadi desainer grafis tidak harus terikat dengan perusahaan. Kalau kemampuanmu lebih mengarah pada kemampuan menggambar karakter-karakter unik dan bisa mebuat cerita menarik, kamu mungkin berbakat sebagai seorang komikus.

Komikus memang dianggap sebagai pekerjaan yang cukup remeh. Padahal, kesempatan berkarir sebagai seorang komikus cukup terbuka lebar. Terlebih tidak semua orang memiliki kemampuan ini.

Saat ini sudah banyak tersedia kompetisi-kompetisi komikus yang bisa menjadi ajang latihan untukmu. Webtoon, mangatoon, yang banyak platform digital lain bisa menjadi ladang usahamu sebagai seorang komikus. Ingin mencoba?

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button