Rahasia bisnis orang Tionghoa yang wajib ditiru pribumi

Selain kulitnya yang putih, orang Tionghoa selalu lekat dengan predikat “orang kaya” atau “orang sukses”. Kok bisa ya? Penasaran nggak sih rahasia bisnis orang Tionghoa sehingga membuat mereka cepat kaya? Yuk baca artikelnya.

5 Rahasia bisnis orang Tionghoa

Bekerja Keras

Mau sukses tapi malas? Mana mungkin bisa! Salah satu sifat orang sukses di luar sana, tidak terkecuali orang Tionghoa, adalah selalu bekerja keras. Utamanya saat orang lain sedang bermalas-malasan.

Dalam menjalankan sebuah usaha orang sukses akan totalitas dan mengerahkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk membangun bisnis. Karena itulah banyak orang yang bekerja keras menjadi kaya.

Sederhana

Tidakkah kamu perhatikan barang sedikit, meski orang Tionghoa sudah kaya, mereka tetap berpakaian sederhana dan menyimpan barang-barang lamanya? Memiliki toko emas besar, namun mereka hanya mengenakan beberapa emas kecil. Memiliki rumah gedong, namun masih menyimpan motor bebek butut.

Inilah ciri khas mereka. Selalu hidup sederhana dan mengenang masa-masa merintis usaha. Mereka akan selalu hidup sederhana utamanya pada masa merintis awal usaha. Mereka akan bergaya sesuai kemampuan dan cenderung tidak memaksakan kehendak.

Mungkin bagi orang awam mereka terlihat pelit. Namun sebetulnya mereka hanya teliti dengan pemasukan dan pengeluarannya.

Disiplin

Rahasia bisnis orang Tionghoa.
Disiplin. Foto: Pinterest

Usaha keras, tapi hanya di awal. Apa gunanya? Jika ingin sukses dalam bisnis dan cepat membangun kerajaan bisnis kamu harus disiplin.

Disiplin untuk promosi produk, disiplin dalam mengatur jadwal kerja, disiplin dalam manajemen perusahaan, dan disiplin dalam segala hal. Dengan menerapkan sikap ini kamu bisa membangun kebiasaan positif yang nantinya akan menuntunmu dalam kesuksesan.

Menjaga kepercayaan

Rahasia orang Tionghoa menjadi pengusaha sukses adalah karena di mata orang adalah mereka terkenal sebagai rekan bisnis yang bisa menjaga kepercayaan. Seperti yang kita tahu kepercayaan dalam berbisnis adalah kunci emas yang harus dijaga.

Dengan menerapkan kebiasaan menjaga kepercayaan, kamu bisa memiliki nilai reputasi yang bagus di mata pelanggan dan rekan bisnis. Efeknya, tentu saja bisnismu bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Tidak mengeluh

Kesalahan dalam berbisnis adalah selalu mengeluh. Awal membuka bisnis belum memiliki banyak pelanggan, mengeluh. Ada kendala bisnis sedikit, mengeluh.

Hal yang bisa kamu tiru dari orang Tionghoa adalah sikapnya yang kuat dan tidak mudah mengeluh, meski terdapat kendala apapun yang menghalangi jalannya. Mereka cenderung pantang menyerah dalam menjalani bisnis, dan mencoba segala kemungkinan yang mereka bisa demi menempuh jalan kesuksesan.

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button