Ridwan Kamil gandeng Bespoke Project untuk rilis produk jeans cantik dari botol plastik bekas

Sampah yang menggunung hingga kini masih menjadi masalah utama makhluq bumi yang sangat mengancam. Jika pasokan sampah tidak dikurangi, mungkin dalam 20 atau 30 tahun ke depan bumi ini akan dipenuhi oleh sampah-sampah masyarakat. Khususnya produk sampah yang tidak bisa diurai seperti plastik. Inovasi keren dari Ridwan Kamil yang gandeng Bespoke Project untuk membuat produk fashion berupa jeans. Bagaimana detailnya? Yuk simak di sini.

Mengingat bahaya sampah plastik dalam jangka panjang, berbagai pihak terus berusaha melakukan inovasi tentang pendaur ulangan plastik hingga me-reuse produk plastik menjadi produk lain bernilai guna tinggi. Ataupun hanya sekedar diolah menjadi plastik daur ulang.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Ridwan Kamil gandeng Bespoke Project untuk membuat produk fashion yang berpotensi mengurangi jumlah sampah dalam jangka panjang. Brand lokal Indonesia Bespoke Project atas hasil kolaborasinya bersama Ridwal Kamil berhasil merilis produk jeans cantik dari botol plastik bekas.  

Terobosan baru antara tokoh masyarakat dengan pihak swasta ini bertujuan untuk mengolah sampah plastik ke produk dengan nilai jual yang lebih tinggi. Lebih lanjut, hal ini juga merupakan bentuk dari gerakan untuk penyelamatan lingkungan.

Produk jeans dari botol plastik tidak kalah nyaman

Produk jeans dari serat botol plastik bekas. Foto: Pinterest

Meski dalam serat bahannya terkadang plastik, namun nilai fashionabel dan kenyamanan produk hasil kolaborasi Bespoke Project bersama Ridwal Kamil sangat nyaman. Tidak kalah nyaman dari penggunaan produk jens yang biasanya digunakan sehari-hari.

Adapun dalam material jeans tersebut sebanyak 35% nya adalah bahan plastik yang didaur ulang menjadi serat fiber. Setelah itu, serat fiber kembali digabungkan dengan bahan dasar jens yakni kapas dan memasuki proses penenunan menjadi denim.

Desain dari Ridwan Kamil dan Bespoke Project

Sebagai tokoh masyarakat, Ridwan paham betul bahwa pandemi menjadi masa yang berat bagi semua pelaku usaha. Sebagai bentuk dukungannya, ia kemudian memutuskan berkolaborasi dengan salah satu pebisnis lokal ternama yang berbakat dan inovatif. Salah satu idenya adalah dengan membuat produk jeans dari serat bahan plastik.

Adapun setiap detail dari produk jeans plastik ini merupakan request dari Ridwan Kamil. Baik warna, hingga detail-detail terkecilnya. Jens hasil kolaborasi ini bertema gradasi dwiwarna dengan sentuhan pola mega di bagian detail sakunya.

Bukan hanya sekedar berkolaborasi, kegiatan ini menjadi bentuk gerakan sosial yang diinisiasi antara pihak brand lokal dan Ridwan Kamil sebagai dorongan bagi UKM lain untuk bangkit dan berinovasi meski keadaan bisnis sedang tidak baik-baik saja.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button