Rintis bisnis di masa pandemi ternyata bisa, berikut 3 kunci suksesnya

Pandemi COVID-19 membawa banyak dampak negatif di berbagai sektor, tak terkecuali sektor bisnis dan finansial yang bisa dibilang terkena dampak paling besar.

Namun pandemi COVID-19 rupanya tidak menyurutkan niat sebagian orang untuk membangun bisnis baru. Alasannya beragam, mulai dari tekanan ekonomi hingga kecermatan melihat peluang di masa pandemi. 

Banyak pengamat berpendapat bahwa membangun bisnis di masa pandemi sama saja dengan bunuh diri. Hal ini tentu masuk akal, karena hal tersebut memiliki banyak risiko dan sulit diprediksi.

Membuat rencana bisnis. Foto: Cottonbro di Pexels
Membuat rencana bisnis. Foto: Cottonbro di Pexels

Tapi jangan khawatir jika kamu termasuk ke dalam golongan orang yang bertekad untuk membangun bisnis di masa pandemi. Karena ternyata ada 3 kunci sukses untuk merancang bisnis yang berhasil di masa pandemi.

Memaksimalkan penjualan dan pemasaran produk secara online 

Pengetahuan tentang pemasaran dan penjualan secara online sangat penting jika kamu ingin membangun bisnis di masa pandemi. Namun sayangnya banyak pelaku bisnis baru yang belum menyadari pentingnya hal ini. Mereka beranggapan bahwa menjual dan memasarkan produk mereka secara online adalah hal yang kompleks dan rawan terkena penipuan. 

Penjualan dan pemasaran produk secara online memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan penjualan dan pemasaran konvensional. Penjualan dan pemasaran produk secara online bisa meringankan beban modal usaha karena mengurangi pengeluaran untuk pengelolaan lokasi bisnis seperti sewa lokasi, biaya listrik dan air serta pajak lahan. 

Bisnis secara online. Foto: Lisa Fotios di Pexels
Bisnis secara online. Foto: Lisa Fotios di Pexels

Membangun sistem operasional perusahaan secara online 

Di masa pandemi, anjuran untuk di rumah saja gencar digalakkan. Banyak perusahaan mengeluh hal ini membuat sistem operasional perusahaannya menjadi tersendat.

Namun bagi anda yang baru membangun bisnis di masa pandemi hal ini bisa jadi keuntungan besar. Karena kamu belum memiliki sistem operasional perusahaan yang sudah berjalan, kamu bisa membangun sistem operasional perusahaan secara online tanpa perlu merombak sistem perusahaan secara ground-up terlebih dahulu. 

Membangun sistem operasional perusahaan menjadi online juga memiliki banyak keuntungan. Di antaranya adalah mengurangi biaya tenaga kerja dan penunjangnya. 

Otomatisasi tenaga kerja 

Perkembangan kecerdasan buatan yang semakin maju bisa menjadi peluang bagi kamu yang ingin membangun bisnis di masa sulit sekalipun. Seperti mengganti admin perusahaan dengan perangkat lunak sistem administrasi, mengganti akuntan dengan perangkat lunak pembukuan, dan sebagainya.

Selain lebih cepat dan efektif, otomatisasi tenaga kerja bisa menghemat biaya tenaga kerja yang sangat besar karena tidak perlu lagi mempekerjakan tenaga kerja manusia.

Membangun bisnis di masa pandemi memang rentan terhadap resiko, namun tiga hal tadi setidaknya bisa meningkatkan peluang kamu untuk sukses membangun bisnis yang berhasil. (CTH)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button